46 WNA China ditangkap Polda Kalbar di lokasi pembangunan perusahaan semen PT.Conch


Pontianak, BuletinInfo – Petugas gabungan dari Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair), Direktorat Intelkam Polda Kalbar dan Polres Mempawah dalam Operasi Libas Kapuas mengamankan 46 orang warga negara asal China.

Mereka ditangkap di lokasi pembangunan perusahaan semen PT Conch, di Desa Wajok KM 14, Kabupaten Mempawah, Senin (2/10/2017), pukul 09.30 WIB.

Direktur Ditpolair Polda Kalbar, Kombes Pol Alex Fauzi Rasad mengatakan, 46 warga asing yang menjadi tenaga kerja ( TKA) tersebut diamankan karena tidak memiliki dokumen keimigrasian yang resmi.

“Senin pagi tadi kita menemukan adanya aktivitas pembangunan di tepian sungai lokasi PT Conch, pada saat pekerja tersebut ditanya oleh anggota Ditpolair, para pekerja tidak dapat menjawab,” ujar Alex, Senin (2/10/2017) malam.

Menemukan adanya kejanggalan, sambung Alex, petugas meminta para TKA berkumpul dan melakukan pemeriksaan terkait dokumen keimigrasian mereka.

Berdasarkan keterangan pihak PT Conch, TKA yang memiliki dokumen keimigrasian hanya tujuh orang, sedangkan yang lainnya masih dalam proses.

“Kemudian para TKA tersebut dibawa ke mako Ditpolair untuk diamankan dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” ungkap Alex.

Dari 46 TKA yang diamankan, terdiri 44 pria dan dua wanita. Mereka yang memiliki dokumen keimigrasian yang lengkap hanya berjumlah lima orang, sedangkan 41 orang lainnya masih dalam tahap kepengurusan dokumen.

Previous Tempat Pengolahan Logam Berat Merkuri Ilegal di Tuban berhasil di ungkap Polda Jatim
Next Wiranto: Untuk apa referendum? Pemerintah kini bangun infrastruktur besar-besaran di Papua dan Papua Barat