Ahok Bukan Napi, Dia Tahanan Rutan


Beredar foto yang menunjukkan gambar Basuki Tjahja Purnama (Ahok) sedang makan dengan sejumlah pejabat negara di lapas Cipinang.

Foto tersebut sebetulnya wajar terjadi karena menunjukkan kedekatan hubungan Ahok dengan sejumlah pejabat. Ahok yang merupakan Gubernur non aktif DKI Jakarta pasti mempunyai kedekatan dengan beberapa pejabat baik di pemerintahan daerah, maupun pusat.

Terlebih lagi, foto tersebut diambil saat Ahok masih baru tiba di LP CIpinang yang mana masih dalam tahapan orientasi serta surat penahanan juga masih belum dikeluarkan oleh PN Tinggi.
Ahok sendiri saat ini adalah tahanan rutan, bukan napi. Hal ini terjadi karena keputusan Ahok dipenjara 2 tahun belum memiliki kekuatan hukum tetap karena saat ini sedang dalam proses banding

Untuk diketahui, tahanan adalah seseorang yang berada dalam penahanan. Berdasarkan Pasal 1 angka 21 UU No. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (“KUHAP”), penahanan adalah penempatan tersangka atau terdakwa di tempat tertentu oleh penyidik, atau penuntut umum, atau hakim dengan penetapannya.

Sedangkan, pengertian terpidana sendiri adalah seseorang yang dipidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap (Pasal 1 angka 6 UU 12/1995).

Karena itulah, selama perkara tersebut masih menempuh proses peradilan dan berbagai upaya hukum selanjutnya, orang tersebut belum dikatakan sebagai narapidana.

Jadi tidak benar jika foto itu menunjukkan bahwa Ahok mendapat perlakuan istimewa di dalam lapas.

Sebagai tahanan rutan, Ahok memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan tahanan-tahanan lainnya di lapas tersebut.

Previous Jelang Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Atasi Lonjakan Harga Bawang Putih
Next Pemindahan Ahok dari LP Cipinang ke MakoBrimob Depok menjadi jalan yang terbaik