Akhirnya Berkas Jessica Dinyatakan Lengkap oleh Kejaksaan


Jessica Wongso
Jessica Wongso

JAKARTA – Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta akhirnya menyatakan berkas perkara kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin dengan tersangka Jessica Kumala Wongso, telah lengkap atau (P21).

Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejati DKI Jakarta, M Nasrun mengatakan, setelah menyatakan berkas sudah lengkap, pihaknya menunggu pelimpahan tahap dua dari penyidik Polda Metro Jaya.

“Setelah dinyatakan P21, penyidik sudah harus menyerahkan tersangka dan barang bukti ke jaksa, untuk selanjutnya membuat dakwaan,” kata M Nasrun di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Sesuai Pasal 139 KUHAP, setelah berkas perkara lengkap baik formil dan materil, jaksa sudah bisa melimpahkannya ke pengadilan untuk disidangkan. Namun, jaksa baru akan melimpahkannya setelah menerima pelimpahan tahap dua dari penyidik.

“Setelah berkas P21, tinggal menunggu tahap II (penyerahan) tersangka dan barang bukti (dari penyidik) ke Kejaksaan,” ujarnya.

Sebelumnya, berkas penyidikan perkara tersangka Jessica sempat bolak-balik antara Polda Metro Jaya dan Kejati DKI, karena jaksa peneliti menilai berkas tersebut belum memenuhi syarat formil dan materiil.

Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka kasus meninggalnya Wayan Mirna Salihin setelah minum kopi yang diduga mengandung sianida di Restoran Olivier di Grand Indonesia Shopping Towns, Jakarta, (6/1).

Penyidik menyangka Jessica sebagai pelakunya sehingga menjerat dia dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dan Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan Dengan Sengaja dengan ancaman maksimal hukuman mati.

There is no more story.
Next Bertemu Presiden Srilanka, Presiden Jokowi Sepakat Tingkatkan Kerjasama Ekonomi

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *