Amerika nilai Indonesia beri kontribusi besar terhadap keamanan kawasan Asia


Jakarta, BuletinInfo – Amerika Serikat (AS) menilai Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kontribusi besar dalam menjaga keamanan dan stabilitas dan kawasan Asia. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan.

“Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama keamanan dalam skala yang lebih luas. Paska era perang dingin, dunia berubah menjadi tempat yang lebih rumit dengan semakin banyak konflik, dan ancaman, baik asimitris atau ancaman non tradisional. Kemampuan masyarakat untuk hidup dalam damai dan meningkatkan kemampuan ekonomi mereka bergabung pada kerjasama kedua negara,” ucap Donovan.

“Indonesia telah memberikan kontribusi yang sangat besar untuk keamanan di kawasan Asia, begitu pula dengan keamanan global melalui pengiriman pasukan penjaga perdamaian PBB. Kami sangat bangga bisa menjadi mitra Indonesia, dan siap untuk meningkatkan kerjasama ini,” sambungnya saat menyampaikan kuliah umum di UIN Syarif Hidayatullah pada Selasa (11/4).

Dia kemudian mengatakan, Indonesia dan AS juga turut terlibat dalam kerjasama penegakan hukum, khususnya mengenai masalah terorisme. Dia memuji kinerja  khusus anti terorisme Indonesia, atau yang dikenal sebagai Densus88.

“Kedua negara juga menjalin kerjasama penegakan hukum untuk hadapi ancaman bersama yakni terorisme, yang mengancam perbatasan dan transnasional. Kita telah menjadi korban serangan terorisme dalam 15 tahun terakhir, dan Indonesia telah berhasil membawa teroris ke meja hijau,” tukasnya.

Previous Menteri ESDM Menandatangani KK dan PKP2B Milik 27 Perusahaan Tambang
Next BusyroMuqoddas: Serangan terhadap Novel bentuk terorisme terhadap KPK