Amien Rais ingatkan untuk tidak ego dengan merasa paling Pancasilais


Bandung, BuletinInfo – Tokoh reformasi yang juga Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais hadir dalam pembukaan acara Rakernas PAN yang digelar Hotel Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung (21/8). Amien menyampaikan pujiannya terkait pidato kebangsaan yang disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berjudul ‘Menjahit Kembali Merah Putih’.

Menurut Amien, melalui pidato tersebut, Zulkifli mencoba memaparkan kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Dia menyinggung keegoisan kelompok yang dapat mengoyak persatuan dan kesatuan yang telah dirajut selama ini.

“Pada semua komponen bangsa jangan sampai ada kelompok merasa paling Pancasilais, paling NKRI, paling cinta tanah air, paling patriot,” ujar Amien kepada wartawan di sela acara Rakernas.

Amien mengungkapkan, jika sebuah kelompok memiliki pola pikir demikian, menurutnya hal itu merupakan pola pikir yang sangat egois. Karena terkesan kelompoknya memiliki keistimewaan dan menganggap kelompok lainnya lenih buruk.

“Itu namanya cara berpikir yang sangat egois, sangat takabur, dan bisa kesandung nantinya,” kata Amien.

Amin mengungkapkan, keberagaman bukanlah suatu alasan terjadinya perpecahan. Menurutnya, keberagaman seharusnya menjadikan sendi-sendi persatuan dan kesatuan semakin kuat. Hal itu harus terus dirawat melalui empat pilar kebangsaan.

“Merawat kebhinekaan, merawat NKRI, merawat Pancasila, merawat UUD 1945. Mengingatkan bahwa bangsa ini jangan terpecah belah,” pungkasnya. [bal]

Previous Ganja kering tidak bertuan seberat 300 kg ditemuakan aparat di sebuah mobil Avanza di Galus Aceh
Next Retno Marsudi: Indonesia kirim beberapa armada untuk mencari korban tabrakan kapal perang AS di perairan Singapura