Bagian kargo Bandara Sultan Hasanuddin bersil gagalkan Kiriman Paket 97 Butir Peluru Tajam dari Makassar ke Papua


Makassar, KabarFakta – Bagian Kargo Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, dikejutkan dengan penemuan 97 butir peluru tajam. Peluru tersebut disimpan dalam paket berbentuk kardus berwarna cokelat.
Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan AKBP Diky Sondani membenarkan temuan tersebut. Dia menjelaskan, paket berisi peluru tajam tersebut ditemukan pada Sabtu (30/12) pukul 11.00 Wita di X-Ray RA Cargo Bandara Int Sultan Hasanuddin.
 
Pengirim paket ini tertulis nama Abdul Rasyid yang beralamatkan di Jalan Sahabat3, Pondok Batari, Makassar. Paket ini tertuliskan berisi obat, makanan, pakaian, dan mainan.
Paket peluru itu ditujukan kepada seseorang bernama Kartini/Mama Taufik yang beralamatkan di Jalan Nimborang No 105 Dok VII bawah, Jayapura, Papua.
Saat ini Polda Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Polda Papua sedang mengusut kasus tersebut. Pengirim maupun penerima ditelusuri keberadaannya.
“Kita masih mengejar dan mencari tahu apa motifnya. Karena peluru ini sangat berbahaya apabila jatuh ke tangan yang salah,” ujar Diky ,Minggu (31/12).
Berikut kronologi penemuan peluru tajam tersebut:
Pukul 10.30 Wita
Petugas PT Pos Indonesia memasukkan kargo via Lion air tujuan Jayapura dengan SMU 990-1997774 (7 koli) dengan keterangan PTI berisi obat, makanan, pakaian dan mainan.
Pukul 10.35 Wita
Kargo tersebut dilakukan penimbangan dan langsung diinput ke dalam Sitec untuk penerbitan Bukti Timbang Barang.
Pukul 10.40 Wita
Kargo dimasukkan ke dalam mesin X-ray untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas X-ray dan kargo tersebut dicurigai peluru.
Pukul 10.55 Wita
Petugas security yang bertugas di X-ray meminta petugas PT Pos Indonesia untuk membuka paket tersebut dan dilakukan pemeriksaan secara manual, setelah dibuka paket tersebut berisi peluru tajam sebanyak 97 butir.
Pukul 11.00 Wita
Barang tersebut kemudian dilaporkan dan diamankan di Ruangan Air Cargo Terminal Supervisor untuk pendataan lebih lanjut, dan didapat keterangan bahwa :
a. Jumlah peluru yang terdapat pada paket tersebut adalah 97 butir.
b. Data Pengirim an. abd rasyid Alamat jl. Sahabat 3 No 17 pondok batari kota Makassar.
c. Data Penerima Kartini/mama taufik Alamat jl. Nimborang No 105 Dok VII bawah jayapura papua.
d. Rencana kargo tersebut akan dikirim menggunakan pesawat Lion air nopen JT-798 tujuan Jayapura.
Pukul 13.35 Wita
Setelah dilakukan pendataan kemudian dirapikan kembali dan diamankan di Ruangan Air Cargo Terminal Supervisor sambil menunggu petugas pihak Polsek Kawasan Bandara untuk dilakukan proses serah terimah barang tersebut.

(aya)

Previous Anies diminta untuk kaji kebijakan PKL di jalan Jati Baru Tanah Abang
Next Awas provokasi gambar garuda mata satu dikaitkan di cafe Gibran dan Jokowi, Gambar hasil editan hoax!!!