Bantuan beras Indonesia telah didistribusikan disejumlah kamp pengungsian warga Rohingya


Jakarta, BuletinInfo – Bantuan beras dari Indonesia telah didistribusikan di sejumlah titik kamp pengungsian warga Rohingya. Setidaknya, ada 120 ribu pengungsi Rohingya di Distrik Coxs Bazar, Bangladesh, yang telah menerima bantuan beras itu.

“Distribusi utamanya dilakukan di kamp-kamp sementara di Kutupalong 1 dan Kutapalong 2 serta Balukhali,” demikian siaran pers dari Kedubes RI di Bangladesh , Selasa (19/9/2017).

Pemerintah Daerah Coxs Bazar membagikan beras itu baik dalam bentuk beras mentah maupun nasi yang sudah matang kepada para pengungsi.

Hujan deras yang sempat mengguyur Coxs Bazar menghambat pendistribusian bantuan.

Menurut Dubes RI untuk Bangladesh, Rina Soemarno, bantuan kemanusiaan RI seberat 54 ton telah tiba di Bangladesh . Bantuan dibawa bertahap dalam enam kali pengiriman menggunakan pesawat C-130 milik TNI AU.

Sementara itu, Additional Deputy Commisioner Cox’s Bazar, Mahidur Rahman, menjelaskan fokus penyaluran bantuan pada Senin, 18 September 2017 hanya berupa beras yang dipusatkan di Kamp Kutupalong.

Bantuan kemanusiaan tersebut berupa 30 ton beras, 14 ribu helai selimut, 17.400 helai sarung, 2.490 paket makanan siap saji, 20 unit tenda besar, 10 tanki air darurat fleksibel, 600 paket family kit, 900 paket pakaian, dan gula pasir 1 ton.

Sementara itu, bantuan seberat 20 ton pada pengiriman ke-7 dan ke-8 mengangkut 250 paket family kit,10 set generator listrik, 325 boks minyak goreng, dan 2 ribu boks biskuit.

Barang bantuan itu akan disimpan sementara di gudang Bandara Hazrat Shah Amanat, Kota Chittagong, untuk pemeriksaan bea cukai sebelum dipindahkan ke gudang Pemerintah Distrik Coxs Bazar.

Selain itu, relawan Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) juga telah tiba di Dhaka untuk menyalurkan bantuan kepada pengungsi dari Rakhine State di Bangladesh.

Previous Isu Kebangkitan PKI Sebagai Alat Politik Menjatuhkan Jokowi
Next 5 bom molotov disita dari terduga teroris jaringan JAD yang berhasil ditangkap Polres Cirebon