Basuki Hadimuljono: Kementerian PUPR kerja dengan ritme ‘Rock N Roll’ untuk mengimbangi target Presiden Joko Widodo


Jakarta, BuletinInfo – Pemerintahan Jokowi-JK telah berkomitmen untuk membangun Indonesia mulai dari pinggiran dan desa. Jokowi sangat serius untuk menghilangkan kesan pembangunan yang ‘Jawasentris’ menjadi ‘Indonesiasentris’ dengan fokus membangun infrastruktur untuk memperkuat daerah-daerah  3T yaitu daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

Untuk membantu tercapainya komitmen pemerintah, Kementerian PUPR bekerja cepat dalam menuntaskan agenda pembangunan infrastruktur dengan ritme kerja ‘Rock N Roll’ untuk mengimbangi target Presiden Joko Widodo.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pengambilan keputusan yang berani dan inovatif saat bekerja, ibaratnya seperti musik rock and roll, tidak bisa bekerja hanya linier dengan irama musik pop apalagi keroncong. Bekerja selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, untuk bisa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Menurut Basuki, ekspektasi publik terhadap layanan infrastruktur semakin tinggi. Dinamika  terjadi setiap saat sehingga pembangunan di Indonesia bisa tertinggal bila tak mengikuti tuntutan perubahan.

“Ekspektasi publik semakin tinggi, sebagai contoh jalan darurat dari Brebes Timur ke Gringsing selama mudik Lebaran yang sangat dibutuhkan walaupun kondisinya darurat,” kata Basuki.

Menurut Basuki, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla punya kebiasaan terjun langsung mengecek perkembangan pembangunan infrastruktur yang tengah dikerjakan pemerintah. “Setidaknya dua kali dalam siklus proyek, di titik yang sama. Ini bukan karena kurangnya ‘trust’, tapi sebaliknya untuk memotivasi proyek agar bisa dikerjakan tepat waktu,” kata dia.

“Dengan pola seperti itu, saya sebagai Menteri PUPR harus mengecek setidaknya dua kali lebih banyak untuk memastikan semua berjalan” ujarnya.
Previous Sang Superstar Joko Widodo Presiden Ke-7 Indonesia, Pembangunan Infrastruktur Indonesia yang Pesat
Next Presiden Jokowi menjadi seorang muslim yang patut diteladani dan dicontoh