Bentrokan Di Kerinci: Kekerasan Tak Selesaikan Masalah, Mari Berdiskusi Untuk Selesaikan Masalah


Kerinci, BuletinInfo – Terjadi bentrokan antar warga dari Desa Sungai Tutung, Kecamatan Air Hangat Timur dengan warga Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jamb. Bentrokan antar dua desa tersebut, terjadi akibat persoalan sengketa lahan.

Namun, lantaran tidak ada penyelesaian warga Desa Sungai Tutung, Kecamatan Air Hangat Timur mengamuk dan merusak Kantor Camat Batang Merangin.

Bentrokan tersebut mengakibatkan puluhan warga mengalami luka-luka dan puluhan motor dibakar massa.

Saat ini, pihak Kepolisian baik dari Polres Kerinci, Kodim Kerinci dan diperkuat dari Batalyon Brimob B Pelopor Pamenang masih disiagakan di lokasi.
Komandan Brimob Batalyon B Pelopor, Kompol Asep Sujarwadi mengatakan, saat ini sedang diadakan negosiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci antar kedua desa yang terlibat bentrok.

“Saat ini, kita masih melakukan pengamanan pada titik konsentrasi massa. Sebab, saat ini sedang diadakan negosiasi dan perundingan antara kedua belah pihak untuk meredam agar tidak terjadi bentrok susulan oleh Pemkab Kerinci” ujar Asep.

Asep menambahkan, pasukannya masih terus bersiaga di dua wilayah yang terlibat bentrok.

“Pasukan kita melakukan penjagaan terhadap titik-titik konsentrasi massa, hal ini kita lakukan agar tidak ada lagi bentrok susulan,” pungkasnya.

Bentrokan antar warga ini, seharusnya tidak dilakukan. Karena bentrokan bukan hanya menelan kerugian materiil, melainkan juga kerugian korban jiwa. Penyelesaian masalah dengan kekerasan tersebut tidak menyelesaikan masalah dan malahan menambah masalah baru.

Seharusnya masalah ini dicarikan titik temu dengan melakukan negosiasi dan diskusi, bukan memakai cara-cara kekerasan.

Previous Pertamina Berhasil Temukan Cadangan Minyak Baru
Next Susi: Semua kapal asing ilegal yang beroperasi di perairan Indonesia akan ditangkap