Bentrokan dua ormas di Sukabumi membuat masyarakat resah #BubarkanOrmasAnarkis


Sukabumi, BuletinInfo – Dua organisasi masyarakat (ormas), yakni Pemuda Pancasila (PP) dan Barisan Benteng Raya Pajajaran (BBRP), terlibat bentrokan di Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu (9/4/2017) pagi. Bentrokan diduga diawali perobekan bendera BBRP oleh orang tak dikenal.

“Bentrokan berawal kesalahpahaman karena pada hari Sabtu (8/4), sekira pukul 20.00 WIB, bendera BBRP yang terpasang di Posko Paparti Cikidang, Jalan Raya Cikidang, diturunkan dan disobek orang tidak dikenal, yang diduga anggota Pemuda Pancasila,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes (Pol) Yusri Yunus melalui pesan singkat yang diterima detikcom, Minggu (9/4).

Yusri juga menjelaskan kronologi bentrokan yang kemudian berhasil diredam aparat tersebut. Berikut ini kronologi itu selengkapnya:

Sabtu (8/4) pukul 20.00 WIB

Bendera BBRP yang terpasang di Posko Paparti Cikidang, Jalan Raya Cikidang, diturunkan dan disobek orang tidak dikenal, yang diduga anggota Pemuda Pancasila

Sabtu (8/4) pukul 22.00 WIB

Terjadi penurunan bendera PP di Perumahan Paparti, Kampung Anggayuda RT 04 RW 12, Cibadak.

Minggu (9/4) pukul 09.00 WIB

Terjadi pemukulan terhadap anggota PP bernama Sofyan Permana oleh anggota BBRP. Saat itu Sofyan tengah mengemudikan kendaraannya dan melintas di Jalan Raya Cikidang.

“Saat itu sempat ada upaya koordinasi dari pihak BBRP Ranting Cikidang dengan PP PAC Kecamatan Cibadak ke petugas Polsek Cibadak. Mereka berharap agar permasalahan itu dimediasi dan tidak melebar,” tutur Yusri.

Minggu (9/4) pukul 10.00 WIB

Saat akan dilakukan mediasi, tiba-tiba terjadi bentrokan. Anggota PP yang sedang dalam perjalanan menuju Polsek Cibadak dihadang oleh massa BBRP hingga berujung keributan.

Akibat bentrokan itu, seorang polisi, Briptu Sandia Nurul, mengalami luka saat melerai bentrokan. “Selain polisi, ada 4 orang terkena pukulan dari ormas PP dan BBRP. Enam unit motor rusak,” ucap Yusri.

Hingga berita ini diturunkan, situasi di lokasi bentrokan sudah mulai kondusif. Namun massa masih terlihat berkumpul di jalur Cikidang.
(rna/rna)

Previous Keberadaan Terorisme Dan Radikalisme Harus Diwaspadai Pemuda
Next Pembubaran Ormas Anarkis HTI, Diapresiasi Oleh NU