Berbagai Indikator Menunjukan Kebijakan Ekonomi Pemerintah Sudah Tepat


Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah pencapaian dan rencana program kerja saat wawancara khusus dengan LKBN Antara jelang Peringatan Hari Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/8). Presiden juga memaparkan sejumlah permasalahan antara lain bidang ekonomi, sosial, politik, pembangunan, pendidikan, daerah perbatasan hingga kemaritiman. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/Spt/15

Kebijakan ekonomi pemerintah Indonesia saat ini sangatlah bagus.

Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,02% selama 2016, meskipun pertumbuhan  ekonomi Indonesia 2016 lebih kecil dibandingkan 2013 yang mencapai 5,58%. Karena saat ini pertumbuhan ekonomi dunia sedang mengalami kelesuan. Jadi pencapaian pertumbuhan ekonomi Indonesia tersebut tahun 2016 sudah sangat baik.

Bahkan, saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan ketiga terbesar di dunia.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2016 bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya.

Selain mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tinggi, Indonesia merupakan salah satu negara yang sukses melaksanakan tax amnesty. Indonesia bahkan periode pertama tax amnesty yang berlangsung Agustus hingga Oktober 2016, berhasil mencapai uang tebusan Rp97,2 triliun, deklarasi harta mencapai Rp4.500 triliun dan repatriasi yang mencapai Rp 137 triliun.

keberhasilan tersebut tentunya mengembalikan harta negara yang selama ini tidak dibayarkan oleh para warga negara Indonesia selama ini. Dengan melakukan tax amnesty tersebut, pemerintah akhirnya dapat mendapatkan biaya baru dalam proses pembangunan besar-besaran di Indonesia.

Lebih lanjut, Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbagai indikator menunjukkan perbaikan, seperti angka kemiskinan, angka pengangguran, dan angka kesenjangan.

“Angka kemiskinan, meski kecil, mengalami penurunan. Pengangguran juga turun, padahal negara yang lain melonjak. Gini ratio juga membaik, jangan naik lagi. Sudah 0,397, sekecil apapun harus turun,” imbuh dia.

Selain itu, Ia menjelaskan, angka inflasi dalam dua tahun terakhir juga bisa dikendalikan dengan baik.

“Tahun lalu mencapai 3,5 persen, tahun ini diperkirakan mencapai 3,0 persen. Ini artinya, kenaikan harga barang bisa dikendalikan,” ucapnya.

Dengan pencapaian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa saat ini, ekonomi Indonesia sedang mengalami perbaikan dan kebijakan ekonomi Indonesia saat ini sudah tepat.

Previous IABW Akan Hadirkan Ratusan Investor Baru Di Indonesia
Next Perundingan Dengan Freeport Indonesia Terancam Dihentikan Akibat Demo Bayaran