Dunia Internasional Apresiasi Indonesia Sebagai Negara Sukses Dalam Tangani Terorisme


Indonesia makin disegani karena dinilai merupakan negara yang paling sukses dalam menangani terorisme dan radikalisme.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Bahkan, Wiranto akan hadir untuk berbicara dalam pertemuan internasional, guna membahas penanganan terorisme pada Selasa 14 Maret 2017, di India.

“Saya akan sampaikan bahwa Indonesia sangat maju dalam masalah itu (penanganan terorisme). Dan, itu diakui Amerika Serikat. Untuk melawan terorisme, Indonesia sudah termasuk negara yang yang mendapatkan satu apresiasi dari negara yang lain,” ujar Wiranto di Kementerian Polhukam, Jakarta, Senin (13/3).

Bahkan, dia juga mengatakan bahwa Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr, yang menemuinya di Kemenkopolhukam, juga mengemukakan pandangan yang sama.

Sejak tahun 2000, Indonesia mengalami sejumlah serangan teroris dan dinilai sangat berpengalaman bertindak saat serangan serupa terulang.

Seperti yang diketahui bahwa AS sendiri juga mengalami serangan teroris besar, saat gedung World Trade Center di New York ditabrak pesawat pada 11 September 2001.
Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa karena sama-sama pernah menjadi korban serangan teroris, AS dan Indonesia adalah mitra dalam upaya pencegahannya.

“Kita memiliki satu kesamaan pandangan tentang bagaimana melawan terorisme, radikalisme. Amerika Serikat sangat concern terhadap masalah itu,” ujarnya.

Kehebatan Indonesia dalam tangani terorisme bahkan membuat Kepolisian Myanmar meminta agar Polisi Indonesia melatih dan membantu penyidikan kasus terorisme di negaranya.

Hal itu dikatakan oleh Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Ito Sumardi yang mengatakan bahwa kepolisian Myanmar ingin belajar banyak dari polisi Indonesia. Terutama atas keberhasilan Densus 88 antiteror dalam menangani sejumlah aksi teror.

Memang selama ini kepolisian Indonesia dan Densus 88 telah berhasil mengungkap, mengagalkan, dan menangkap sejumlah teroris.

Bahkan baru-baru ini, pihak Densus juga berhasil menangkap 9 terduga teroris di Sulawesi Tengah (Sulteng). Diduga para tersangka mempunyai affiliasi dengan ISIS dan akan melakukan serangan dalam waktu dekat.

Previous Pemerintah Perangi Narkoba Untuk Selamatkan Generasi Bangsa
Next Ungkap Kasus Pembunuhan Secara Cepat, Kepolisian Bekasi Cegah Bentrok FBR Vs Ambon