Eltinus : Freeport sebagai aktor dibelakang Demo “karyawan”


 

Jakarta, BuletinInfo – Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng mencurigai adanya aktor dibelakang ratusan demonstran yang melakukan aksi demo di di Jakarta, Selasa (7/3) tepatnya di depan Kantor Kementerian ESDM.

 Bupati Mimika, Eltinus Omaleng

Mengingat biaya maskapai penerbangan yang mahal untuk rute Papua-Jakarta, Bupati Mimika Eltinus Omaleng menuding Freeport sendirilah yang menjadi aktor di belakang aksi demo ratusan karyawan perusahaan asing milik Amerika Serikat tersebut.

“Mereka datang yang biayai Freeport. Mereka datang sama saya minta bantuan dua pesawat saya tolak,” kata Bupati Eltinus kepada wartawan di Kantor Kementerian ESDM, Selasa (7/3).

Bahkan ada kecurigaan sebenarnya yang melakukan aksi demo tersebut bukanlah karyawan Freeport melainkan karyawan-karyawan bayaran yang diutus Freeport.

“Yang demo-demo ini untuk mereka cari makan, saya enggak tahu dari mana mereka saya enggak tahu, kalau yang datang demo ini karyawan aktif Freeport saya kenal muka mereka. Mereka dibiayai Freeport,” tuturnya.

Diharapkan agar tidak ada aksi lanjutan besok.

Pada 25 Februari lalu, perwakilan tokoh masyarakat Papua terutama pemilik hak wilayah di Freeport itu sedang berada di Jakarta untuk bertemu dengan Presiden, Menko Maritim, dan Menteri ESDM. Mereka ingin menyatakan sikap yg sama denga pemerintah, karena itu bertolak dari pengalaman orang papua selama hampir 50 tahun Freeport hadir di Papua.

Ketua Gerakan Papua Optimis, Jemmy Demanius Ijie mengatakan bahwa masyarakat Papua menyatakan sikap yg sama dengan pemerintah.

Pemerintah hingga kini sedang melakukan negosiasi ulang dari Kontrak Karya (KK) Freeport yang akan habis tahun 2021 menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Berdasarkan PP 1/2017, para pemegang KK harus mengubah kontraknya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Operasi Produksi bila ingin tetap mendapat izin ekspor konsentrat. Prosedur untuk mengubah KK menjadi IUPK diatur dalam Permen ESDM 5/2017. (7/3) -RN

 

 

Previous Berita-Berita Hoax PKI Banyak Di Medsos Dan Sangat Meresahkan
Next Jakarta Concord Menghasilkan 6 Kesepakatan Dan 5 Kerjasama Bilateral