Indonesia Bersama Singapura Sepakati Perjanjian Pengembangan Sektor Ekonomi Digital


Jakarta, BuletinInfo.com –  Pemerintah Indonesia dan Singapura menyepakati sejumlah perjanjian kerja sama. Salah satunya yaitu pengembangan ekonomi digital, sebagai kerja sama di masa mendatang.

Kesepakatan dihasilkan saat Presiden Joko Widodo bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di The Istana, Singapura pada Kamis(7/9).

Presiden mengatakan bahwa Singapura telah menjadi mitra utama Indonesia di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata. Demikian juga Indonesia untuk Singapura.

“Kerja sama ekonomi digital bukan lagi merupakan opsi, namun sebuah keniscayaan. Ini akan menjadi prioritas bagi Indonesia dan Singapura,” jelas Presiden Joko Widodo dalam pernyataan pers bersama dengan PM Lee.

Dengan menggabungkan potensi investasi, teknologi dengan talenta serta potensi pasar yang besar, Presiden meyakini jika kerja sama ekonomi digital akan membawa ekonomi Indonesia dan Singapura semakin melompat maju.

“Bukan hanya melangkah maju, namun melompat maju,” tegas Presiden Joko Widodo.

Kepala Negara juga menyebut Batam sebagai tempat yang ideal untuk mengembangkan kerja sama ekonomi digital. Di antaranya pengembangan digital park cluster di Nongsa Batam, pembangunan start-up incubator, program training for trainers baik untuk pekerja IT maupun para tenaga pengajar.

Selain ekonomi digital, sejumlah kesepakatan kerja sama di berbagai bidang berhasil dicapai kedua negara dalam pertemuan tersebut, yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama, yaitu kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan vokasional dan kerja sama pengelolaan risiko bencana serta pariwisata.

Previous Komisi II DPR memulai pembahasan menerima atau menolak perppu ormas
Next Ribuan warga kabupaten Ponorogo kesulitan air bersih dan kekeringan