Indonesia, Surga Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Bagi IORA


Jakarta, BuletinInfo – Rangkaian KTT IORA mulai hari ini sampai tanggal 7 Maret mendatang  memiliki tema “Strengthening Maritime Cooperation for Peaceful, Stable, and Prosperous Indian Ocean” atau Memperkuat Kerja Sama Maritim untuk Kawasan Samudera Hindia yang Damai, Stabil, dan Makmur.

“Indonesia mesti mendesak 21 negara anggota IORA untuk memastikan pemanfaatan sumber daya ikan di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia harus mematuhi regulasi nasional,” kata Direktur Eksekutif Center of Maritime Studies for Humanities, Abdul Halim.

Indonesia merupakan surga sumber daya kelautan dan perikanan bagi negara-negara Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA) sehingga perlu dipastikan sumber daya tersebut harus dijaga secara berkelanjutan.

Dalam sejumlah kesempatan,  Menteri Kelautan dan Perikanan,Susi Pudjiastuti menegaskan bahwa industri perikanan harus memperhatikan aspek keberlanjutan dalam rangka melestarikan sumber daya perikanan yang ada di kawasan perairan Republik Indonesia dimana hal yang harus diperhatikan adalah antara pertumbuhan industri perikanan dengan keberlanjutan dari industri dan sumber daya ikan itu sendiri.

Rangkaian pertemuan IORA didahului pertemuan tingkat pejabat tinggi yang dilaksanakan hari ini (5/3) dilanjutkan dengan pertemuan tingkat menteri pada 6 Maret besok, dan ditutup dengan pertemuan tingkat tinggi atau KTT pada 7 Maret.(end-RN)

Previous Pengacara Jelaskan Bahwa Kabar "Tutup Kasus" Bachtiar Nasir Tidak Benar
Next Raja Salman Pastikan Perpanjang Liburan di Bali