Investasi AS Ke Indonesia Buktikan Menguatnya Hubungan Dua Negara


JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakil Presiden Michael Pence menyaksikan penandatangan dua nota kesepahaman (MoU) bidang energi dan investasi senilai lebih dari US$ 10 miliar antara Indonesia dan Amerika Serikat, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (21/4).

“Kami sangat senang dengan hubungan ini karena saya mengerti, meskipun Amerika bukan investasi baru di Indonesia, tapi kami membutuhkan lebih banyak energi dan investasi di minyak dan gas, dan pertanian,” kata Wapres JK dalam sambutannya.

Wapres Kalla dan Pence menyaksikan penandatangan MoU antara Pertamina-ExxonMobil tentang LNG senilai 6 miliar dolar AS dan Perusahaan Listrik Negara (PLN)-Pacific Infra Capital tentang turbin pembangkit listrik di Jawa dan Bali senilai 2 miliar dolar AS.

“Tidak hanya rakyat Indonesia, tapi rakyat Amerika juga membutuhkan kerja sama di bidang ini,” ujar Kalla.

Pada penandatanganan tersebut, Mike Pence mengatakan kerja sama tersebut akan bermanfaat dan menguntungkan kedua negara.

“Saya menantikan untuk mengupayakan hubungan yang kuat dengan Anda saat ini dan di tahun-tahun berikutnya demi keuntungan bagi kedua bangsa kita,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia Brian McFeeters telah menyaksikan penandatanganan enam nota kesepahaman (MoU) kerja sama bisnis Indonesia-AS yang telah berlangsung di Indonesia. Berdasarkan data Badan Kooordinasi Penanaman Modal (BKPM), Amerika Serikat merupakan investor asing terbesar ketujuh di Indonesia pada 2016.

Penandatanganan tersebut membuktikan bahwa hubungan Indonesia dengan AS yang sebelumnya sempat merenggang akibat kebijakan Presiden AS Donald Trump yang dinilai mendeskriditkan muslim dan juga menuduh Indonesia curang dalam perjanjian dagang dengan AS.

Previous HTI Harus Merubah Konsep Khilafahnya Dan Disesuaikan Dengan Ideologi Pancasila
Next Koarmabar tangkap lima kapal ikan asing berbendera Vietnam tanpa dilengkapi dokumen yang sah

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *