Isu Masjid Raya KH Hasyim Mengandung Simbol Salib Adalah Bohong


Beredar isu bohong yang menyatakan bahwa Mesjid Raya KH Hasyim Asy’ari Kosambi, Jakarta Barat, mengandung simbol-simbol agama tertentu.

Isu tersebut mengatakan bahwa mesjid itu dibuat menyerupai bentuk salib dan pintu depan mesjid juga memiliki simbol salib.

Namun, Isu yang mengatakan bahwa gambar site plan berbentuk salib, setelah diadakan pemeriksaan siteplan masjid tersebut tidak menggambarkan suatu bentuk gambar salib seperti yang beredar pada media sosial yang beredar.

Jika dilihat dengan seksama, pembangunan sayap kanan dan sayap kiri masjid tidak sebanding dan tidak simetris, sayap sektor kiri lebih besar dibanding dengan sayap sektor kanan sehingga tidak menggambarkan bentuk salib sebagaimana viral di media sosial.

Selain itu, dalam pendalaman seluruh unsur bangunan baik pintu gerbang, tiang, tempat Imam dan bentuk relief  tidak terdapat unsur gambar lambang agama, Pilar dan tiang utama menggambarkan motif betawi dengan didominasi warna hijau dan krem.

Jika dilihat dari bentuk keempat pintu dari depan hingga ke dalam semuanya berbentuk minimalis modern polos.  

Lebih lanjut, pada atas gerbang pintu masuk utama di depan  masjid terdapat gambar berbentuk lingkaran  bunga teratai yang melambangkan Yayasan Perguruan KH Kyai Hasyim Asy’ari.

Jadi, isu-isu yang mengatakan bahwa mesjid ini memiliki simbol salib itu tidak benar, dan disinyalir hal itu merupakan upaya orang tidak bertanggung-jawab yang ingin mengadu-domba antara umat muslim dan nasrani.

Previous Pembubaran deklarasi pembentukan Front Pembela Islam kota Semarang
Next Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Kosambi Jakarta Barat, mengandung simbol-simbol agama tertentu hanyalah Berita Bohong