Jelang Putaran Kedua, Elektabilitas Ahok-Djarot Meningkat Sampai 52,72%


Jakarta – Menjelang Pilgub DKI putaran kedua, elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat semakin meningkat, sedangkan  Anies Baswedan-Sandiaga Uno semakin menurun.

Tren peningkatan ini dibuktikan oleh rilis survei terbaru dari lembaga survei Charta Politika yang merilis hasil bahwa Ahok-Djarot memperoleh elektabilitas 47,3 persen, kemudian disusul Anies Sandi dengan hasil sebesar 44,8 persen.

Jumlah responden dalam survei sebanyak 782 orang, yang tersebar di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur. Dengan tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen, dengan margin of error 3,5 persen.
“Survei yang kita lakukan, ini hari terakhir kampanye ya. Ada perdebatan apakah kita bisa lakukan rilis. Kita ambil yang paling aman, di hari terakhir kampanye. Tren peningkatan terlihat pada pasangan Ahok-Djarot, sementara Anies-Sandi terlihat stagnan,” kata Yunarto di kantor Charta Politika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (15/4).

Jakarta Pusat

Ahok-Djarot: 54,5%
Anies-Sandi: 40,3%

Jakarta Utara

Ahok-Djarot:57,3%
Anies-Sandi: 32,5%

Jakarta Barat

Ahok-Djarot: 49,5%
Anies-Sandi: 39,2%

Jakarta Selatan

Ahok-Djarot: 36,2%
Anies-Sandi: 59,9%

Jakarta Timur

Ahok-Djarot: 46,7%
Anies-Sandi: 45,3%

Tren kenaikan tersebut juga diungkapkan beberapa hasil survei lainnya, yang merilis hasil bahwa Ahok-Djarot unggul dibandingkan Anies-Sandi.

Salah satunya adalah Politicawave yang merilis hasil bahwa Ahok-Djarot unggul 52,72%, dibandingkan Anies-Sandi yang hanya memperoleh 47,28%.

Dari hasil survei tersebut, dapat terlihat tren kenaikan elektabilitas paslon no 2 tersebut.

Berdasarkan hasil rilis analis sentimen masyarakat di media sosial, juga dapat terlihat bahwa paslon no 2 mengalami kenaikan elektabilitas.

Elektabilitas Ahok-Djarot melalui analisa sosial media mengalami kenaikan yang cukup bagus, sedangkan Anies-Sandi mengalami stagnan dan bahkan menurun.

Jika tren kenaikan Ahok-Djarot terus berlanjut dapat dipastikan bahwa Ahok-Djarot akan memenangi pilgub DKI kali ini.

Karena elektabilitas mereka terpaut cukup besar yaitu sekitar 3% lebih dibandingkan Anies-Sandi.

Previous Litbang Kompas: Polling Ahok-Djarot unggul dari Anies Sandi dalam Debat di TV
Next Politica Wave: Percakapan Media Sosial Ahok-Djarot 52,72 dan Anies-Sandi 47,28