Jenderal Polisi Budi Gunawan: Pancasila dapat di jadikan contoh pola hidup sehari – hari


Jakarta, BuletinInfo – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Polisi Budi Gunawan mengatakan 1 Juni adalah Hari Lahir Pancasila. Ini merupakan tonggak penting perjalanan bangsa dan negara Indonesia.

“Dimana seluruh elemen masyarakat secara bersama menyepakati Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara yang dimiliki oleh Indonesia,” kata Budi dalam keterangan resmi, Jumat (2/6/2017).

Budi mengatakan bahwa dasar negara Pancasila mengandung makna sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang merupakan Negara kepulauan dari Sabang sampai Merauke dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan Pancasila, tidak ada sekat atau dinding pemisah antara bagian barat, tengah dan timur Indonesia.

“Semua menjadi satu dengan satu dasar Pancasila,” ujar Budi.

Momentum peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2017 kali ini harus diwujudkan dengan komitmen bersama untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Termasuk melalui penerapan perilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan, kebhinekaan, musyawarah, persamaan derajat, menghargai adanya perbedaan baik suku, agama, ras dan antar golongan serta mengedepankan semangat gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Oleh karenanya, Budi mengajak masyarakat untuk menanamkan nilai semangat persatuan dan kesatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan Kemanusiaan yang adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, mengedepankan musyawarah dan mufakat, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Nilai-nilai Pancasila harus terus kita gaungkan, reaktualisasikan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi pola hidup atau way of life seluruh insan Indonesia: Saya Indonesia, Saya Pancasila,” tutup Budi.

Previous Telkomsel Punya Data Call Log Dan SMS Yang Membuktikan Adanya Hubungan Antara Telepon HRS Dan Firza
Next Waspada!!! ada yang ingin mengambil kesempatan dalam kesempitan dengan mengadu domba Pesantren Gontor dengan Pemerintahan Jokowi