Jika tidak ada Reklamasi, Jakarta dapat tenggelam 2040


Jakarta, BuletinInfo – Ketua DPD Partai Golkar Fayakhun Andriadi mengatakan Jakarta akan tenggelam pada 2040 mendatang. Menurut Anggota Komisi I DPR ini penyebabnya adalah permukaan tanah di Jakarta yang menurun tiap tahun.

“Penurunan tanah 7,5 sentimeter pertahun, tenggelam 2040,” ujar dia di Kantor DPD Partai Golkar, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (29/10/2017).

Dengan begitu, menurutnya, reklamasi Pantai Utara Jakarta perlu dilakukan. Pada tahun 1995, Fayakhun mengatakan, Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto sudah mencanangkan adanya reklamasi.

“Reklamasi secara fungsi, di dunia semua reklamasi engineering manusia bertujuan positif,” kata dia.

Fayakhun mengatakan, reklamasi Jakarta akan bisa menolong penurunan tanah, dan membuat sistem pengairan atau drainase menjadi lancar. Menurutnya, masih banyak warga DKI kurang memahami permasalahan mengenai proyek reklamasi.

“Perdebatannya kami lihat kok konyol. Ini mendukung, ini menolak, tapi ramai sekali. Padahal ada apa, bagaimana, seperti apa, setelah kita tanya ke publik tidak terlalu tahu juga publik apa yang didukung dan ditolak,” terang Fayakhun.

Dia berharap, dalam diskusi yang melibatkan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, Anggota DPRD DKI M Taufik , Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Ashraf Ali, dan Pakar Tata Kota Muhammad Irfan Saleh dapat mencerahkan pemahaman publik soal reklamasi.

“Kami Golkar DKI berkomtimen untuk itu. Kami punya sembilan anggota DPRD, memastikan warga DKI Jakarta bersama-sama Pemda DKI Jakarta menentukan apa yang terbaik untuk warga Jakarta,” Fayakhun memungkas.

Previous Waspada hasutan GNPF Ulama, UU Ormas sudah Final!!!
Next BKPM: Realisasi Investasi Hingga September 2017 Mencapai Rp513,2 triliun