Jokowi Dukung Industri Peternakan Agar Dibangun Secara Korporasi Dan Profesional


Jakarta, BuletinInfo.com – Pemerintah akan mendukung seluruh kebijakan dan regulasi agar tidak menghambat perkembangan usaha disektor peternakan sehingga dapat berkembang dengan lebih baik.

Hal tersebut dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di hadapan sekitar 1200 peternak domba dalam acara  Jambore Peternakan Nasional 2017 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur, Minggu (24/9)

Jokowi menginginkan agar industri peternakan di Indonesia dibangun secara korporasi dengan profesional tergarap dari hulu sampai hilir. Jika peternak di Indonesia mampu mengkonsolidasikan usahanya dan semakin efisien maka kemungkinan untuk ekspor pun semakin besar.

“Mengkorporasikan ternak, ada industri bibit, pakan ternak, dari hulu sampai hilir dikonsolidasikan dalam satu organisasi. Pertanian juga seperti itu. Kalau bisa terkonsolidasikan dengan baik, itu akan lebih efisien,” ungkap Jokowi.

Dengan begitu, lanjut Jokowi, sektor peternakan Indonesia bisa bersaing dengan negara lain karena telah mampu mengindustrikan sektor peternakan dengan baik.

“Kalau harganya masih kalah bersaing, artinya ada yang tidak efisien di industri peternakan kita,” ujarnya.

Jokowi  akan melihat langsung industri peternakan di daerah meliputi Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah untuk dapat mengetahui sejauh mana industri tersebut berkembang sampai saat ini.

“Saya kira lebih bagus kalau kita berikan rangsangan agar peternak masuk ke ‘banking system’. Seperti tadi ngambil KUR. Kalau satu orang 25, berarti kan 100 orang sudah miliar. Artinya sudah industri besar. Itu yang saya lihat di negara lain seperti itu,” kata Jokowi.

Jokowi menekankan agar peternak tak lagi membangun usaha ternak kecil-kecilan tapi diindustrikan, dengan operator kandang yang banyak dan manajemen yang modern.

Presiden berjanji, Pemerintah akan menghapus regulasi-regulasi yang menghambat perkembangan usaha disektor peternakan agar dapat berkembang dengan lebih baik.

“Kita harapkan dunia usaha, terutama sektor peternakan bisa menciptakan industri peternakan yang modern,” ujar Jokowi.

Previous Pengamat: Waspadai Potensi Adu Domba TNI-BIN oleh Asing
Next Hendardi: Mobilisasi massa secara terus menerus melahirkan teror atas ketertiban sosial