KAI Akan Ganti Rugi Korban Penggusuran Manggarai Rp 250 Rb Per Meter


Jakarta – PT KAI memberi ultimatum kepada warga RT 1 RW 12, Jl Saharjo, Manggarai, yang rumahnya berada di atas aset PT KAI.

Warga diminta agar segera mengosongkan lahan tersebut.

Mengacu pada surat yang ditandatangani Executive Vice President dan Senior Manager Aset Daop I Jakarta dan dikeluarkan pada Selasa (25/4), batas pengosongan adalah Selasa (25/4) pukul 23.59 WIB.

“Kami sampaikan kembali kepada Bapak/Ibu/Saudara sebagai surat pemberitahuan ke-3 untuk segera mengosongkan dan membongkar sendiri bangunan yang berada di atas aset milik PT KAI yang berada di Jalan Saharjo No 1, Kelurahan Manggarai, Tebet, Kota Administrasi Jakarta Selatan, paling lambat tanggal 25 April 2017 pukul 23.59 WIB,” tulis surat tersebut seperti diterima dari Kahumas Daop I KAI Suprapto, saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (25/4).

Namun, dia masih belum menjelaskan kapan penggusuran akan dilakukan seandainya warga tak mengindahkan ultimatum tersebut. Hanya saja dikatakan, PT KAI tak bertanggung jawab seandainya ada kehilangan atau kerusakan barang pascapenertiban.

“Apabila sampai batas waktu yang ditentukan Bapak/Ibu/Saudara tidak mengindahkan surat pemberitahuan ini, kami akan melakukan penertiban sesuai dengan peraturan yang berlaku dan PT KAI tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kehilangan barang-barang akibat dari tindakan penertiban tersebut,” jelas surat tersebut.

Dia mengatakan bahwa untuk rumah permanen akan diberi bantuan dana bongkar atau pindah Rp 250 ribu per meter persegi, sedangkan untuk semipermanen Rp 200 ribu per meter persegi.

KAI rencananya akan membangun proyek pembangunan kereta api menuju Bandara Soekarno-Hatta. Rute kereta api yang diberi nama Skytrain itu dimulai dari Stasiun Manggarai menuju Sudirman, Batu Ceper dan terakhir Bandara Soekarno-Hatta.

Kereta bandara tanpa pengemudi atau Automatic People Mover System (APMS) ini ditargetkan mulai beroperasi Juli 2017 dengan enam kereta berkapasitas 272 penumpang. Total trek kereta bandara sejauh 36 kilometer. Waktu tempuh dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Bandara direncanakan sekitar 58 menit.

Previous PT. KAI akan gusur siapapun yang rumahnya berada diatas lahan PT.KAI
Next Lalu Muhammad Iqbal: Militer Filipina belum dapat mengkonfirmasi tewasnya 3 wni

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *