KartuKeluarga Sejahtera (KKS) diharapkan dapat mengontrol subsidi tepat sasaran


Jakarta, BuletinInfo – KartuKeluarga Sejahtera (KKS) diharapkan akan jadi cara jitu pemerintah untuk mengontrol subsidi.

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)  merupakan program pemerintahan Jokowi – JK berupa bantuan non tunai melalui pembukaan rekening simpanan bagi masyarakat kurang mampu yang disertai dengan SIM Card untuk Layanan Keuangan Digital (LKD).
Jika sebelumnya KKS hanya digunakan untuk penyaluran dana bantuan sosial, kedepannya kartu ini juga akan bissa digunakan untuk membeli gas bersubsidi pemerintah atau elpiji 3 kg.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana mengalihkan penyaluran subsidi Elpiji 3 kg melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Rencananya hal itu akan direalisasikan pada awal Januari 2018.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, keputusan tersebut diambil setelah melakukan diskusi dengan beberapa menteri ekonomi, salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani. Mereka pun sepakat bahwa subsidi yang disalurkan melalui Elpiji 3 kg sulit dikendalikan agar tepat sasaran.

Rencana tersebut semakin matang, sebab hari ini Kementerian ESDM menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia. Kerjasama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Pemerintah sendiri mengalokasikan subsidi energi sebesar Rp77,3 triliun di dalam APBN 2017. Angka itu terdiri dari subsidi BBM dan elpiji sebesar Rp32,3 triliun serta subsidi listrik sebesar Rp45 triliun. Besaran subsidi BBM dan elpiji itu turun jika dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp43,7 triliun. Penurunan itu terjadi lantaran jumlah kepala keluarga penerima juga menurun dari 57 juta kepala keluarga menjadi 25,7 juta.

Sementara, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa saat ini terdapat 3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH telah menerima bansos non tunai dan sudah bisa diambil menggunakan buku tabungan atau KKS di agen bank dan e-warong.

“Sistem penyaluran non tunai menggunakan KKS, bansos dnan subsidi akan langsung ke rekening penerima manfaat,” ujarnya.

Lanjut Khofifah, pada KKS ini dilengkapi fitur saving account dan e-wallet dimana satu kartu dapat digunakan untuk berbagai program bansos dan subsidi. (24/4) –RN

 

Previous Menteri PPPA: UU no 17 tahun 2016 akan lindungi anak dan perempuan dari kekerasan dan pemerkosaan
Next Sejumlah Elemen Masyarakat Gelar Aksi Minta Penolakan Dan Pembubaran HTI