Kehilangan Pendapatan Hingga Rp. 5 Triliun Tidak Membuat PLN Rugi


Jakarta, BuletinInfo.com – Pemerintah tidak akan menaikkan tarif listrik hingga akhir tahun 2017. Namun, PLN kemungkinan akan kehilangan pendapatan hingga Rp 5 triliun.

Jonan mengaku, tidak adanya kenaikan tarif listrik mengacu pada arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Bapak Presiden sudah memutuskan sampai akhir tahun sekitar Oktober sampai 31 Desember 2017 tarif listrik tetap, tidak naik,” ujar Jonan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Salah satu pertimbangannya, lanjut Jonan, adalah terkait daya beli masyarakat. Dengan tarif listrik yang stabil diharapkan tidak mengganggu daya beli masyarakat yang kini dianggap mengalami penurunan. “Ya pertimbangannya, yaitu pertimbangan daya beli masyarakat,” kata dia.

Tapi ada risiko yang harus diambil dari tidak naiknya tarif listrik hingga akhir tahun. Salah satunya yaitu potensi kehilangan pendapatan yang harus diterima PLN.

Kehilangan pendapatan yang mungkin diterima oleh perusahaan plat merah tersebut diperkirakan mencapai Rp 5 triliun. Namun bagi Jonan kehilangan pendapatan tersebut bukan suatu kerugian bagi PLN. Sebab, pendapatan yang diterima PLN jauh lebih besar, yaitu sekitar Rp 300 triliun.

Kehilangan pendapatan tersebut juga dinilai tidak akan berdampak besar pada keuangan PLN. Namun demikian, dia jug tetap akan meminta PLN untuk melakukan efisiensi untuk menekan potensi kehilangan pendapatan tersebut.

Kementerian ESDM sudah meminta PLN itu harus bisa lebih efisien dalam biaya-biaya perawatan.

Terkait Program 35.000 MW, Jonan menjelaskan bahwaprogram tersebut tetap dijalankan, sampai 2019 diharapkan ada tambahan 17.000 MW dihitung dari 2014.

“Jadi separuh dari pembangkit di program 35.000 MW sudah COD (Commercial Operation Date/beroperasi secara komersial) di 2019. Separuhnya lagi mudah-mudahan 2023-2025 selesai,” kata Jonan dalam konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (28/9).

Previous Bawaslu dilaporkan ke DKPP karena diduga melakukan pelanggaran etik di Pilkada Jayapura
Next Pengungsi Gunung Agung senang, Presiden Jokowi berkunjung ketempat pengungsian