Kemendag Melakukan Operasi Pasar, Pantau dan Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok


Jakarta, BuletinInfo – Kementerian Perdagangan bersama PT Golden Sinar Sakti menggelar operasi pasar di pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Operasi pasar untuk mengamankan pasokan bahan pangan sekaligus mengendalikan harga.

Operasi pasar ini dihadiri Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Daglu) Kemendag, Oke Nurwan. Jelang Lebaran, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menugaskan semua pejabat eselon I Kemendag turun ke lapangan mengecek harga bahan pangan.

Dalam operasi pasar ini Kemendag menawarkan gula pasir seharga Rp 12.500/kg, bawang putih Rp 30.000/kg, dan minyak goreng kemasan sederhana Rp 11.000/liter.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk bahan pangan seperti minyak goreng, daging beku, gula pasir dan bawang putih. Penetapan HET dilakukan untuk menjaga kestabilan harga menjelang Ramadhan.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan mengatakan operasi pasar kali ini dilakukan untuk menekan harga bawang putih yang diinformasikan mencapai Rp 70.000.

“Jadi saya dapat informasi di sini harganya tinggi, supaya masyarakat tidak panik dan di sini kami jual bawang putih Rp 30.000,” kata Oke.

Oke menjelaskan, operasi pasar kali ini digelar untuk masyarakat dan pedagang. Bagi pedagang harga jual yang dikenakan Rp 28.000 – Rp 29.000. Lebih rendah dari harga untuk masyarakat. Dia menjelaskan ini dilakukan agar bawang putih bisa terdistribusi ke seluruh pasar Kebayoran Lama.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti, menambahkan pedagang yang membeli bawang putih di operasi pasar kali ini harus menjual kembali di kisaran harga Rp 30.000 – Rp 32.000. “Kami imbau ke mereka untuk menjual kembali dengan harga yang tidak jauh dengan harga jual operasi pasar kali ini,” tutur Tjahya.

Kemendag bekerja sama dengan mitra yang menyelenggarakan operasi pasar untuk memantau harga jual kembali oleh pedagang.

 

 

Previous Pemerintah gelar sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1438 H
Next Stok Sembako Jatim Aman, Bahkan Bisa Menyuplai Ke Daerah Lain