Kepolisian Berhasil Menangkap Pelaku Hate Speech Di Sumut


Direktorat Tindak Pidana Siber Reserse Kriminal Polri kembali menangkap terduga pelaku hatespeech sosial media atas nama Natalius Telaumbanua di Silima Banua RT 03 RW 05, Kelurahan Silima Banua, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, pada Kamis (20/4).

Pelaku diduga menggunakan akun Facebook milik saudara Hendri Agustinus Telaumbanua yang sudah tidak digunakan sejak bulan Februari 2017 untuk memposting konten hate speech menjelek-jelekkan Nabi Muhammad SAW di grup Facebook ‘Debat Islam vs Kristen Mencari Kebenaran.

Tersangka akan dikenakan pasal 28 ayat 2 UU ITE  terkait penyebaran kebencian berbasis SARA di dunia maya.

Pada saat penangkapan di rumah tersangka,pihak kepolisian berhasil  menyitaan barang bukti berupa 1 (satu) buah HP merk Advan S4T.

Selanjutnya tersangka dibawa ke Bareskrim untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Saat ini, pemerintah melalui pihak Siber Reserse Kriminal Polri terus melakukan pelacakan terhadap  sejumlah akun media sosial yang tergolong melakukan hate speech untuk segera dilakukan penindakan sesuai ketentuan hukum yang berlaku sebagai dasar dan upaya penegakkan etika dalam beraktifitas di dunia maya.

Sebelumnya, pihak kepolisian juga telah berhasil menangkap pelaku hate speech terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sumatra Barat.

Previous Kunjungan Wapres AS menghasilkan 11 transaksi Investasi senilai kurang lebih US$10 Miliar
Next HTI Harus Merubah Konsep Khilafahnya Dan Disesuaikan Dengan Ideologi Pancasila