Komisioner Komnas Ham Menanggapi Provokatif Isu Pertemuan BG Dengan Sejumlah Pejabat


Jakarta, BuletinInfo –  Komisioner Komnas HAM RI, Natalius Pigai terlihat terlalu terburu-buru merespon dan mengeluarkan pernyataan tertulis terkait foto kebersamaan Ka BIN, Budi Gunawan bersama sejumlah pejabat negara.

Natalius menanggapi pertemuan tersebut dengan provokatif dan terus berupaya memberikan komentar-komentar tanpa data dan fakta yang jelas sehingga terkesan termakan isu hoax. Hal tersebut justru memperkeruh situasi, dimana sangat berbahaya seorang Komisioner Komnas HAM termakan isu hoax.

Komnas HAM adalah sebuah lembaga Negara di Indonesia yang  yang memilik tugas dan fungsi untuk mengurusi segala sesuatu yang berhubungan dengan Hak Asasi Manusia.

Terkait tugas lembaga tersebut, maka dalam hal ini, Komnas HAM tidak dalam kapasitas dan tidak memiliki wewenang untuk memantau BIN karena BIN jelas tidak melakukan pelanggaran HAM.

Adanya isu penekanan kepada Gubernur Papua oleh Ka BIN untuk kepentingan politik adalah hoax dan fitnah terhadap Badan Intelijen Negara.

Tindakan Komnas HAM, apalagi sampai melibatkan Lembaga Pemantauan Internasional, dinilai melecehkan integritas lembaga BIN.⁠⁠⁠⁠

Previous Isu PKI di dalam PDI-P adalah propaganda politik yang bersifat fitnah
Next Bertemu Kepala BIN, Lukas Enembe: Saya Berdiskusi Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Papua