KPU akan umumkan hasil penelusuran identitas ganda pada 16 – 17 November 2017


Jakarta, BuletinInfo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini masih meneliti kebenaran berkas partai politik yang telah dinyatakan lengkap usai mendaftar 3-16 Oktober lalu. Evaluasi sementara, berkas yang diserahkan banyak ditemukan adanya kegandaan.

“Detailnya sih kita (kami) belum dapat laporan, tapi dari level ini kegandaan anggota, dokumen  yang secara administratif tidak memenuhi syarat, belum memenuhi syarat,” ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di kantornya, Jumat (27/10/2017).

Kegandaan ini menurut Pramono terjadi baik diinternal partai maupun eksternal dengan partai lain. Dia menyebut jumlah kegandaan di satu partai politik ada yang mencapai 36 ribu data. “Rata-rata kan kalau disyarat minimal sekitar 260an ribu (kegandaan),” tutur Pramono.

Menurut dia, kegandaan keanggotaan ini terjadi tidak hanya satu nama digunakan untuk satu tempat, melainkan untuk ratusan tempat. “Masih ada satu nama untuk ratusan data, di satu kabupaten,” terang Pramono.

Sebagaimana diketahui, sejak 17 Oktober KPU melakukan penelitian administrasi terhadap berkas-berkas partai politik yang telah dinyatakan lengkap. Penyampaian hasil penelitian administrasi akan dilakukan pada 16-17 November 2017 untuk kemudian dilakukan perbaikan oleh partai hingga 1 Desember 2017. Adapun pengumuman hasil penelitian administrasi perbaikan baru akan dilakukan pada 12-14 Desember 2017.

(pur)
Previous Bubarkan aliran sesat Saksi Yehuwa yang melarang anak melakukan penghormatan terhadap bendera
Next Fajar Agustanto pemilik akun yang mencemarkan nama baik Akabar faizal telah diamankan polisi