KPU tidak memberikan perpanjangan waktu sehingga apabila terdapat Parpol yang belum melengkapi persyaratan maka akan dinyatakan gagal.


Jakarta, BuletinInfo – Komisioner KPU Viryan Aziz mengingatkan pihaknya tidak akan memberikan toleransi bagi partai politik yang belum melengkapi dokumen pada tenggat waktu 16 Oktober mendatang. Hal itu pun sudah dijelaskan saat pembukaan pendaftaran calon parpol pemilu 2019 selasa lalu (3/10).

“Tidak ada toleransi untuk dilengkapi, ketika mendaftar sudah harus lengkap. Dan itu sudah kita sampaikan sejak awal,” tegas Viryan di kantor KPU,¬†Jakarta¬†Pusat, Jumat (6/10).

Viryan melanjutkan, bila dokumen tidak lengkap, pada prinsipnya akan dikembalikan. Dan KPU akan menunggu sampai hari Selasa 16 Oktober sampai jam 00.00 tengah malam, dan tidak memberi kesempatan bagi Parpol jika ada kekurangan berkas walau itu hanya sedikit. Apabila lewat dari waktu tersebut Parpol dinyatakan tidak mendaftar.

“Dikembalikan, prinsipnya tanggal 16 oktober pukul 24. Katakanlah dateng pukul 23.30 bawa sebagian besar, kurang sebagian kecil, itu kita kembalikan,” jelas Viryan.

Viryan mengingatkan, intinya bagi Partai Politik yang ingin mendaftar harus melengkapi dokumen, tidak bisa dicicil.

“Kalo masih kurang maka itu kita isi tidak, kemudian kita kembalikan seluruh dokumennya. Jadi tidak akan ada dokumen partai kalo belum lengkap nanti yang sisanya nyusul, itu tidak,” lanjutnya.

“Kenapa demikian, nanti kalo sebagian dulu, terus nyusul lagi sebagian lagi dikhawatirkan nanti dokumennya tercerai berai. Bahkan di dalam juknis (petunjuk teknis) kita susunan dokumen pun sudah diatur. Ada 11 dokumen,” tutupnya.

Previous KH As'ad Ali: Pancasila Hasil Ijtihad Ulama dan Nasionalis
Next BI Laporkan Cadangan Devisa Indonesia September 2017 Hampir Capai US$130M