Lagi, Seorang Penyebar Konten Hate Speech dan Hoax Diamankan Tim Siber Polri


Jakarta, BuletinInfo.com – Kembali lagi Dittipidsiber Bareskrim Mabes Polri mengamankan seorang pelaku ujaran kebencian atau hate speech dan SARA melalui Facebook.

Pelaku yang berinisial MFT kerap membuat meme dan mengedit foto yang menghina pemerintah.

Dirtipidsiber Bareskrim Mabes Polri Brigjen Fadil Imran mengatakan, MFT yang menggunakan  nama akun Facebook Faizal Muhammad Tonong itu diamankan di rumahnya di kawasan Koja, Jakarta Utara, pada Jumat (21/7) pukul 05.30. “Pelaku diamankan seusai menulis status di akun Facebook miliknya,” ujarnya.

Dari tangan tersangka, diamankan dua handphone, memory card, dan laptop. Dengan menggunakan laptop tersebut, pelaku membuat meme dan mengedit foto lalu disebar di media sosial dengan menggunakan Facebook.

Dari akun Facebook pelaku, ada beberapa hal yang menjadi barang bukti. Terutama pada ujaran kebencian. Seperti misalnya penghinaan terhadap presiden, partai dan ormas tertentu. Tak hanya itu juga ada penghinaan terhadap Polri dan SARA kepada salah satu agama. “Kontennya hate speech dan hoax,” tambahnya.

Sebelum diamankan, lanjutnya, petugas sudah memeriksa dengan ahli bahasa. Oleh saksi ahli, dinyatakan bahwa kontennya yang diposting sudah melanggar Pasal 45 ayat (2) juncto pasal 28 ayat (2) UU No. 19 Tahun 2016 tentang tentang Informasi Transaksi Elektronik dan atau Pasal 16 juncto Pasal 4 (b)1 UU No. 40 Tahun 2006 tentang Penghapusan diskriminasi ras dan etnis dan atau Pasal 156 KUHP. “Saat ini pelaku sudah diamankan dan dilakukan pemeriksaan,” tambahnya.

Previous Unggah Meme Kebencian Di FB, Pria Ini Diamankan Kepolisian
Next Polri kembali menangkap pelaku ujaran kebencian dan SARA melalui media sosial