Lawan Hoax, QR Code akan Dipasang di Media Terpercaya


Jakarta – Penyebaran berita hoax di sosial media tengah disorot. Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu juga menaruh perhatian terhadap banyaknya penyebaran berita bohong yang cenderung meresahkan masyarakat.

Melalui Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, Presiden meminta kementerian dan badan terkait untuk melakukan tindakan. “Pak presiden meminta kementerian yang terkait untuk segera mengcounter dengan keterangan yang resmi,” ujar Teten Masduki, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (30/12).

Arahan Presiden tersebut oleh Dewan Pers ditanggapi dengan rencana pemasangan label pada media massa yang terpercaya. Label tersebut akan berbentuk kode QR (Quick Response) yang akan diberikan kepada media baik cetak maupun online, sebagai tanda bahwa media tersebut terpercaya.

“Label ini menunjukkan bahwa itu media trusted yang berbadan hukum dan taat terhadap kode etik jurnalistik. Ini untuk membedakan dengan media yang tidak jelas,” kata Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo (9/1/2017).

Dengan pemasangan label ini Dewan Pers berharap masyarakat dapat memilah informasi yang beredar apakah dari sumber yang terpercaya atau tidak.

Secara teknis QR code ini akan dipasang di halaman utama atau halaman depan media massa. Pembaca nantinya bisa memindai QR code tersebut untuk menampilkan informasi detail media tersebut meliputi detail kontak, alamat, penanggung jawab dan info lain.

Proses pemberian label saat ini tengah dilakukan dan rencananya akan diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari. Peringatan ini dijadwalkan digelar di Ambon dan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

(YS)

Previous TNI Tetap Solid Meskipun Dua Purnawirawannya Ditangkap karena Dugaan Makar
Next Sudah Difitnah Lewat Buku, Ibunda Jokowi Masih Doakan Penulis