Masyarakat Dayak Menolak FPI Karena Trackrecordnya Yang Buruk


Kehadiran FPI di Kalimantan Barat mengalami penolakan dari masyarakat Dayak.

Namun, FPI menuduh bahwa Gubernur Kalimantan Barat Cornellis Intoleran dan Anti Kebhinekaan Karena Menolak Kedatangan FPI.

Padahal, sebetulnya kehadiran FPI belum mampu mewakili dan diterima oleh sebagian warga negara Indonesia, termasuk di Kalimantan.

Selama ini, masyarakat Kalimantan yang sebagian besar suku Dayak memiliki filosofi Huma Betang yang menjunjung tinggi perdamaian dan anti kekerasan serta hidup toleransi yang tinggi antar umat beragama, sementara track record FPI sering menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuannya.

Suku Dayak terdiri dari berbagai jenis agama, yakni Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha hingga agama Kaharingan (agama asli Dayak), sehingga penolakan keberadaan dan kedatangan FPI sangat jauh dari sentiment keagamaan.

Keberadaan FPI sebagai ormas memang dilindungi UU, namun sepak terjangnya cenderung anarkis dan kontradiktif dengan kepribadian masyarakat Dayak.

Sedangkan, pidato Cornellius terkait penolakan rizieq dan konsep Islam yang diperjuangkannya adalah sikap representatif serta dorongan dari masyarakat Pontianak yang sebagian besar menolak FPI.

Sebelumnya, Pesawat Sriwijaya yang membawa rombongan FPI, termasuk di dalamnya Habib Rizieq terbang ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada hari Sabtu, 11 Februari 2012, dihadang sekitar 800 orang dari Suku Dayak di Bandara Udara Cilik Riwut Palangkaraya.

Pada bulan Februari 2012, sejumlah ormas kepemudaan di Kalteng menolak FPI karena dianggap mengganggu ketenangan antar umat beragama.

Penolakan ini terhadap FPI sebelumnya juga pernah dilakukan di sejumlah elemen masyarakat di Semarang Utara, Demak, NTT, Papua, dll, juga pernah melakukan penolakan terhadap FPI.

Hal itu dikarenakan masyarakat selama ini, menganggap FPI sebagai ormas anarkis. Kehadiran FPI dianggap nantinya dapat menimbulkan konflik horizontal dan intoleransi di daerah mereka. Karena itulah, masyarakat tersebut melakukan penolakan terhadap FPI.

Previous Pemerintah akan menggandeng Satgas Pangan terkait melonjaknya harga bawang putih
Next Tiga Alasan HTI Dibubarkan Pemerintah