Melalui KTT IORA Pemerintah Perkuat Kerjasama


Jakarta, BuletinInfo – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa pemerintah RI selama masa keketuaan Indonesia di IORA (2015-2017) berupaya untuk menyelaraskan program dan prioritas dalam IORA dengan visi poros maritim dunia yang ingin dicapai Indonesia.

 KTT IORA 2017 (7/3)

“Indonesia sebagai negara maritim memandang pentingnya kawasan Samudera Hindia dan melalui keketuaan Indonesia di IORA sejak 2015, kami berupaya untuk memperkuat kerja sama. Adanya potensi karena dalam IORA Concord, kerja sama yang akan dilakukan negara anggota IORA itu punya persamaan dengan pilar-pilar dalam visi poros maritim dunia,” ujarnya.

Menlu mengatakan bahwa lima pilar dalam visi poros maritim dunia milik Indonesia itu selaras dan beririsan dengan beberapa kerja sama dalam IORA Concord, seperti kerja sama manajemen perikanan, keselamatan dan keamanan maritim, konektivitas serta kerja sama pelabuhan dan UKM, promosi industri perikanan yang berkelanjutan, lima pilar poros maritim dunia, yaitu pengelolaan sumber daya laut, pertahanan maritim, diplomasi maritim, konektivitas dan infrastruktur, budaya maritim.

‘Tema yang diangkat dalam Pertemuan IORA yang digelar pada masa keketuaan Indonesia itu adalah Strengthening Maritime Cooperation for Peaceful, Stable, and Prosperous Indian Ocean yakni  Memperkuat Kerja Sama Maritim untuk Kawasan Samudra Hindia yang Damai, Stabil, dan Makmur.” kata Retno. (7/3) – RN

 

 

Previous Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Menyampaikan 2 Dokumen KTT IORA 2017
Next Bupati Mimika: PT Freeport Indonesia Merupakan Pihak Yang Membiayai Dan Menjadi Dalang Dari Demonstrasi