Menhub yakin proyek pembangunan MRT dan LRT berjalan semestinya sesuai instruksi Presiden


Jakarta, BuletinInfo –  Dua proyek transportasi massal, Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) tidak akan mangkrak pembangunannya dan akan rampung sesuai target.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Mal Central Park pada Kamis (5/10) usai menghadiri acara Pameran Foto “Menjelajah Infrastruktur Indonesia”.

“Proyek seperti MRT dan LRT yang membutuhkan biaya yang besar dan banyak sekali yang harus dipersiapkan. Oleh karenanya proyek MRT yang rencananya akan selesai tahun 2018 dan LRT ke Bekasi dan Bogor Insya Allah akan selesai tahun 2019 dan saya pastikan tidak akan mangkrak,” ujar Menhub Budi Karya

Menhub mengatakan keyakinannya sejalan dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk memastikan proyek pembangunan berjalan semestinya dan dapat berfungsi dengan baik.

“Presiden selalu mengatakan kepada kami bahwa untuk pembangunan menggunakan prinsip money follow program, artinya setiap rupiah yang dibangun itu bukan saja membangun tetapi dipastikan pembangunan itu bisa berfungsi. Oleh karenanya selain tugas saya untuk menjamin konektivitas, ada kewajiban saya yang harus memastikan segala proyek itu memang jadi dibangun,” kata Menhub.

Sebagai informasi, saat ini sedang dilakukan proses pengerjaan MRT Jalur Selatan – Utara Fase I (Lebak Bulus – Bundaran HI) sepanjang 16 km. Secara keseluruhan progresnya telah mencapai 78,01 % dengan nilai investasi Rp. 14 triliun.

Adapun progres pembangunan untuk LRT pada awal bulan September tercatat telah mencapai 19,219 %. Untuk lintas pelayanan Cawang – Cibubur progresnya 36,840 %, untuk lintas pelayanan Cawang – Dukuh Atas progresnya 5,245 %, sedangkan untuk lintas pelayanan Cawang – Bekasi Timur progresnya telah mencapai 20,594 %.

Previous Waspada Ambisi Hasutan Sidang Istimewa Pengkhianat NKRI
Next Polisi amankan seorang kepala desa Aceh Utara yang sedang isap sabu