Menkeu : Kondisi Politik Bukan Alasan WP Tidak Merepatriasikan Hartanya


Jakarta, BuletinInfo – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan kondisi perpolitikan Indonesia yang memanas belakangan ini tidak seharusnya jadi alasan bagi para wajib pajak untuk tidak merepatriasikan hartanya. Ia mengungkapkan proses repatriasi tetap harus berjalan seperti telah tertuang dalam laporan wajib pajak saat mengikuti program pengampunan pajak.

Saat ini, terdapat  pengusaha memutuskan tidak jadi membawa pulang hartanya ke Indonesia atau repatriasi melalui program tax amnesty.

Wakil Ketua Industri Keuangan Non Bank Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sidhi Widyapratama mengatakan, bahkan banyak di antara pengusaha yang sudah membawa hartanya ke Tanah Air menyesal telah melakukan repatriasi. Hal ini disebabkan kondisi sosiopolitik di Indonesia yang tengah berdinamika.

“Tentu sosiopolitik harus dijaga karena sangat mempengaruhi. Pengusaha banyak wait and see. Banyak yang menyesal telah repatriasi,” katanya pada sebuah seminar di Kwik Kian Gie School of Business, Jakarta, Rabu (10/5-2017).

Pengertian Repatriasi Harta adalah proses pengembalian Akumulasi Penghasilan berupa Aset atau harta dari luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun Sri Mulyani menjamin pemerintah terus berupaya untuk membuat kondisi negara tetap stabil, serta menjaga sektor-sektor lain di luar kancah perpolitikan agar tidak terkena imbas. “Mengenai situasi saat ini, pemerintah terus mengusahakan supaya kepercayaan dan juga keamanan, serta persepsi mengenai risiko di Indonesia akan tetap dijaga dengan baik,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Menkeu pun optimistis kondisi perpolitikan di Tanah Air dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir merupakan bentuk dari penyampaian aspirasi masyarakat. “Kita akan terus berusaha untuk bisa meyakinkan bahwa suasana keamanan maupun ketertiban dan proses politik di Indonesia dapat dilihat sebagai suatu proses demokrasi yang normal dan aman,” ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap seluruh wajib pajak dapat melaksanakan komitmennya untuk menyerahkan dana repatriasi yang menjadi kewajiban.

“Kalau bentuknya repatriasi kami harap harta itu akan dibawa ke Indonesia sesuai yang disampaikan,” ujarnya.

 

 

Previous Kepala BIN: HTI Bukan Gerakan Dakwah, Melainkan Gerakan Politik
Next Anggota komisi III DPR sesalkan sikap Fadli Zon yang menerima audiensi