Menteri Susi: Solar Yang Dibayar Nelayan Sudah Yang Termahal, Baiknya Hapus Subsidi Tapi Pasokan Melimpah


Jakarta, BuletinInfo.com – Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ,yang dibutuhkan oleh nelayan saat ini adalah stok solar yang melimpah. Sebab, selama ini nelayan cukup kesulitan mencari bahan bakar untuk kapal mereka. Percuma ada subsidi yang membuat harga solar menjadi lebih murah, tapi sulit dicari.

Terkait dengan permasalahan pasokan solar tersebut, Susi kembali mengusulkan kepada PT Pertamina (Persero) untuk mencabut subsidi solar bagi nelayan.

“Padahal, keluhan nelayan kami itu tidak perlu subsidi. Kami perlu solar ada di mana-mana. Jadi tolong dicabut (subsidinya), tapi kembalikan solar ada dimana-mana karena nelayan membutuhkan. Itu permintaan kita,” ujarnya di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta, Senin (31/7).

Untuk itu, Susi akan bertemu dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menindaklanjuti kebijakan tersebut. Selain langka, harga solar yang mereka bayarkan lebih mahal. “Yang mereka bayarkan justru yang termahal dibanding harga seharusnya,” ucapnya.

Tidak hanya itu, subsidi solar yang diberikan pemerintah nyatanya tidak tepat sasaran. Industri perikanan besar justru menikmatinya. Bukan para nelayan yang sehari-harinya ke laut untuk menangkap ikan.

“Subsidi ini yang nikmati ternyata industri yang tidak sepantasnya mendapatkan solar subsidi. Jadi kita selalu dukung Pertamina pak, karena Pertamina yang kuat, sehat, itu jadi partner untuk kembangkan wilayah SKPT kita,” pungkasnya.

Previous Pemerintah ingin masalah Presidential Threshold di jalankan dengan konsisten
Next Petugas sita 142 ton pupuk, Pupuk yang akan diedarkan merupakan pupuk non subsidi yang dikirim dari luar daerah