Minat Investor Korsel Tinggi Pada Indonesia-Korea Bussiness Summit


Jakarta,BuletinInfo – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (14/3) menghadiri Indonesia-Korea Bussiness Summit 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke adalah sebuah negara besar dengan berbagai kekayaan. Selain itu, sebagai negara maritim, Indonesia memiliki kekayaan alam tiada tara.

“Indonesia adalah sebuah negara besar. Jarak yang membentang dari Barat ke Timur jauh lebih luas dibandingkan jarak dari Los Angeles ke New York di Amerika Serikat,” kata Presiden Jokowi.

Dia mengatakan, sebagai negara kepulauan, jarak dari Barat ke Timur wilayah Indonesia hampir menyamai jarak London (Inggris) ke Dubai (Uni Emirat Arab).

“Indonesia bukan hanya sebuah negara besar. Indonesia juga negeri indah yang membentang di sepanjang garis khatulistiwa dengan penduduk yang ramah. Jadi, Indonesia benar-benar negeri kepulauan yang menjadi surga tropis” katanya.

Sebagai negara yang memiliki keindahan alam, Jokowi menekankan bahwa, Indonesia dapat menjadi salah satu pilihan investasi pada sektor pariwisata yang sangat menguntungkan.

“Indonesia adalah negara besar dan negara sangat indah . Dengan populasi yang besar dan negara kepulauan yang panjang di garis khatulistiwa,” ungkapnya.

Oleh karena itulah, dia meyakinkan Korea Selatan agar tetap menjadikan Indonesia sebagai tempat tujuan investasi. Selama ini, Korea Selatan merupakan negara dengan investasi terbesar ketiga untuk Indonesia.

“Lets traveling on this journey,” ungkap Jokowi mengakhiri sambutannya.

Selama ini, Jokowi meniIai sektor industri manufaktur misalnya, perusahaan-perusahaan Korea Selatan telah banyak masuk ke Indonesia ditandai dengan kontribusi mencapai 71% dari total investasi selama lima tahun terakhir periode tahun 2012-2016 sebesar USD 7,5 miliar.

Indonesia-Korea Business Summit merupakan acara yang bertujuan untuk mempererat kerja sama investasi antara Indonesia dan Korea Selatan (Korsel).

Acara ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Jokowi ke Korea Selatan pada Mei 2016 lalu.

Dalam acara ini, juga dihadiri oleh para chaebol di perusahaan-perusahaan papan atas Korea Selatan seperti Sohn Kyung-Shik (Chairman CJ Group), Chung Jin Haeng (President of Hyundai Motor Group), Cho Yangho (Chairman Korean Air), Kwon Ohjoon (Chairman Posco), JK Shin (President Samsung), S. Icon Kim (Chairman and CEO Ssangyong E&C), Park Jin Soo (CEO LG Chem) maupun Lee Soo-Man (Chairman 5M Entertainment Group).

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan nilai investasi Korea Selatan di Indonesia akan semakin meningkat.

Previous Mengapa Fahri Hamzah memaksa Hak Angket Kasus E-KTP? Ingin melindungi Sahabatnya?
Next Pemerintah Perangi Narkoba Untuk Selamatkan Generasi Bangsa