Naiknya Nilai Perdagangan dan Investasi RI-Norwegia, Mendorong Kedua Negara Untuk Meningkatkan Kerjasama Ekonomi


Jakarta, BuletinInfo.com – Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg bersama berpendapat bahwa trend kenaikan nilai perdagangan dan nilai investasi antar kedua negara perlu dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Pertemuan bilateral tersebut dilakukan di sela KTT G20 di Hamburg Messe, Jerman dimana Presiden didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Dalam pertemuan tersebut menghasilkan beberapa poin penting, salah satunya adalah Pemerintah Indonesia dengan Norwegia menjadikan momentum tumbuh positifnya nilai perdagangan dan investasi di 2016 untuk meningkatakan kerjasama keduanya di masa mendatang.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa nilai perdagangan kedua negara pada 2016 mengalami peningkatan 40,5 persen dibanding tahun 2015. Sementara investasi mengalami peningkatan sebesar 772 persen, termasuk peningkatan investasi portofolio dari Pension Global Fund Norwegia.

“Perkembangan positif ini perlu terus kita pertahankan, atau bahkan ditingkatkan,” kata Presiden Jokowi kepada PM Erna.

Presiden Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia telah memperoleh peringkat investment grade dari tiga lembaga rating dunia.

Karena itu, Presiden berharap dukungan PM Erna agar negosiasi Indonesia-EFTA CEPA (European Free Trade Association Comprehensive Economic Partnership Agreement) dapat diselesaikan tahun ini.

Previous Setelah Mengetahui cerita sebenarnya dari Hermansyah, Bachtiar Nasir pastikan kasus Hermansyah tidak memiliki hubungan dengan kasus HRS
Next Anti gerakan radikalisme, Ormas Pemuda dan Mahasiswa Tangerang tegas dukung pemerintah terbitkan Perppu tentang Ormas

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *