PAN mulai tidak solid pasca pernyataan Amien Rais minta kader PAN mundur dari kabinet


Jakarta, BuletinInfo -Partai Amanat Nasional – PAN mengalami perpecahan dan tidak solid. Hal tersebut bermula dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais minta penarikan menteri PAN dari Kabinet Kerja Jokowi-JK. Namun permintaan Amien rais itu di bantah oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan menteri PAN-RB Asman Abnur.

Permintaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais  untuk menarik mundur menteri PAN dari Kabinet Kerja Jokowi – JK menjadi bola panas di internal PAN. Siapa yang tidak mengenal Amien Rais, seorang tokoh reformasi dan pendiri Partai Amanat Nasional. Jika melihat PAN identik dengan Amien Rais. Disisi lain ada yang mencap Amien Rais sebagai sengkuni karena seringkali Amien melakukan manuver politik yang membuat politik Indonesia memanas. Disatu sisi sebagai tokoh reformasi di sisi lain sebagai pengacau.  Sifatnya sebagai pengacau bukan hanya pemerintahan namun juga di internal partainya yaitu Partai Amanat Nasional.

Hal tersebut nyata terlihat bagaimana di PAN nahkodanya bukan hanya Zulkifli Hasan sebagai ketua umum namun juga Amien Rais yang memiliki kekuatan sebagai ketua dewan kehormatan PAN. Zulkifli hasan selaku ketua umum dan Asman Abnur selaku menteri PAN-RB jelas menolak permintaan Amien Rais karena tidak berdasarkan mekanisme partai. Jika permintaan Amien Rais dituruti berarti PAN hanya di kendalikan oleh Amien Rais dan pimpinan PAN yang lain hanya sebagai”boneka”.

Amien Rais memang sering melakukan manuver politik dengan tanpa menilai dari sisi etika politik. Saat ini PAN masuk dalam partai pendukung pemerintah yang artinya masuk dalam koalisi besar partai pemerintah. Secara etika politik Amien Rais tidak bisa meminta mundur kader PAN yang di jadikan menteri oleh presiden. Pemilihan menteri merupakan hak prerogatif presiden Jokowi. Jadi jika Asman Abnur masih dibutuhkan  untuk negara sebagai menteri PAN-RB, Amien Rais tidak bisa serta merta menarik Asman Abnur demi kepentingan kelompok ataupun pribadi. Jika ada penarikan menteri harus ada mekanisme partai karena partai yang mengatur mekanisme tersebut.

(HA)

Previous Sikap Penolakan PAN Terhadap Permintaan Amien Rais Untuk Mundur Dari Kabinet
Next Hubungan Renggang, PAN Tidak Penuhi Perintah Amien Rais