Pancasila Adalah Nilai Luhur Dan Etika Bangsa


Etika kehidupan berbangsa adalah rumusan yang bersumber dari ajaran agama dan nilai-nilai luhur budaya bangsa yang tecermin dalam Pancasila.

Hal tersebut diucapkan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat menghadiri Pra-Konferensi I Azas-Azas Etika Berbangsa dan Bernegara kerja sama MPR, Komisi Yudisial, dan DKPP di Hotel Borobudur, Rabu (5/4).

“Saatnya kembali ke nilai-nilai luhur keindonesiaan kita dan menjadikan Pancasila sebagai landasan etika berbangsa dan bernegara,” ujar Zulkifli.

Zulkifli mengatakan bahwa landasan  Pancasila sebagai dasar etika berbangsa dan bernegara tertuang dalam Tap MPR No VI Tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa.

“Etika pemerintahan mengamanatkan penyelenggara negara memiliki kepedulian tinggi dalam melayani, sekaligus menegaskan keberpihakannya pada rakyat yang lemah dan tertindas,” ucapnya.

Bersama KY dan DKPP, Zulkifli optimistis konferensi nasional akan menghasilkan rumusan terbaik yang menjadi panduan untuk penyelenggara negara.

“Situasi hari-hari ini mengingatkan kita untuk lebih serius membahas persoalan etika berbangsa dan bernegara, baik di bidang politik, sosial, ekonomi, sampai budaya,” tuturnya.

Sebagai dasar negara, Pancasila merupakan pondasi dari bangsa dan masyarakat Indonesia.

Hal itulah, yang membuat Pancasila harus dijalankan dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat bangsa Indonesia.

Agar nantinya masyarakat Indonesia akan selalu mengamalkan etika yang berbudi luhur pada kesehariannya.

Previous Ketua MPR: Pancasila landasan beretika dan bernegara #PancasilaLandasanBeretika
Next Pembangunan Tol Medan-Binjai Akan Kelar Sebelum Lebaran, Guna Atasi Kemacetan Arus Mudik