Pasca umat gagal dipecah belah, kini mahasiswa yang ingin dipecah belah?


Jakarta, BuletinInfo – Tiga tahun pemerintahan Jokowi di warnai dengan demonstrasi ribuan mahasiswa dari berbagai daerah. Mereka berdemo hingga larut malam sebelum dibubarkan paksa oleh aparat kepolisian. Pertanyaannya sebenarnya mengapa mereka demo? apakah mereka sekarang sudah ditunggangi oleh kelompok tertentu atau telah ditunggangi secara politis? .

Pasalnya dari berbagai survey secara akademis telah menghasilkan mayoritas masyarakat puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi selama 3 tahun belakangan ini. Justru kita ketahui beberapa lembaga survey termasuk Indikator, SMRC, dan litbang Kompas menunjukan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi sekitar 70 persen. Hal tersebut berarti mayoritas masyarakat puas terhadap apa yang dilakukan ataupun sedang dilakukan Jokowi dan kabinetnya.

Oleh sebab itu mahasiswa sebenarnya tidak perlu melakukan demonstrasi hingga larut malam karena melalui dialog saja sebernarnya cukup. Mahasiswa seharusnya memperkaya keilmuannya sehingga dapat memberikan kontribusi positif yang nyata pada bangsa dan dapat menjadi kebanggaan almamaternya, bukan justru menciptakan kericuhan yang mendiskreditkan pemerintah.

Aksi demonstrasi mahasiswa sangat rentan ditunggangi oleh kepentingan politik, terutama dari pihak yang berseberangan dengan Presiden Joko Widodo dan memprovokasi massa agar terjadi kericuhan. Mahasiswa harusnya dapat secara obyektif dan komprehensif melakukan analisa sehingga aksi mahasiswa merupakan gerakan moral murni, bukan aksi bayaran yang ditunggangi oleh kelompok politik tertentu ataupun terhasut dengan dorongan kelompok politik oposisi pemerintah.

Sebenarnya aksi demonstrasi mahasiswa harus mengikuti aturan yang berlaku agar ketertiban masyarakat dapat tetap terjaga tanpa harus dibubarkan oleh pihak kepolisian, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan. Mahasiswa seharusnya sebagai generasi terpelajar bisa taat aturan karena Indonesia merupakan negara hukum.

(HA)

Previous Patroli Siber terus digencarkan Polri jelang Pilkada 2018
Next Litbang Kompas: 70,8 persen masyarakat puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi selama 3 tahun terakhir