Pemerintah memastikan pasokan daging sapi selama Ramadhan aman


Jakarta, BuletinInfo – Kementerian Perdagangan memastikan stok daging beku di pabrik distributor cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi selama Ramadan 2017.

Asumsi rata-rata kebutuhan per bulan daging sapi dan kerbau nasional 47 ribu ton. 

Menteri Perdagangan Enggiartasto Lukita mengungkapkan selama Ramadan nanti kebutuhan daging bisa naik sekira 30-35 persen. Kenaikan konsumsinya didominasi wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Stok keseluruhan nasional sekira 78 ribu ton. Terdiri dari 51 ribu ton di Bulog, dan sisanya sekira 27 ribu ton di anggota Asosiasi Distributor Daging Indoneisa (ADDI).

“Kita belum lagi hitung di pasar, karena mereka sudah distribusikan ke pasar. Belum lagi importir umum atau sapi potong. Pada posisi stok persediaan minimal 58 ribu ton. Jadi, cukup dua-tiga bulan ke depan,” ujar Enggiartasto.

Sementara itu, Kementerian Pertanian sudah menyiapkan 157.000 ekor nanti siap potong atau setara 33.000 ton daging untuk memenuhi kebutuhan hingga Hari Raya Idul Fitri. 2017

.”Untuk daging sapi bakalan ada 157 ribu ekor di feedloter dan sudah siap potong, artinya Mei dan Juni sudah kami hitung stok dengan baik,” kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita di Kantor Kementerian Pertanian.

Diarmita menyampaikan selain daging sapi yang disiapkan di beberapa perusahaan penggemukan sapi (feedloter), Bulog juga memiliki stok tambahan daging kerbau beku sebanyak 40 ribu ton.

Untuk mengendalikan harga, Kementerian Pertanian juga akan mengusulkan penghabisan stok izin impor 2016 oleh Bulog sebesar 51 ribu ton daging kerbau dari India tahun ini. Dengan jumlah tersebut, Kementan meyakini stok daging dapat memenuhi kebutuhan hingga tiga bulan mendatang menjelang Lebaran. (29/4)- RN

Previous Peringatan May Day tahun 2017 dengan Parade Budaya, May Day is a Happy Day
Next Hadapi May Day, Kepolisian Siagakan Pasukan Dan Buat Rekayasa Lalin

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *