Pemerintah : Penghematan Anggaran Subsidi Listrik Agar tercapainya “Listrik Untuk Semua”


Jakarta, BuletinInfo – Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman  mengatakan, melalui kebijakan subsidi tepat sasaran, pemerintah mendapat penghematan anggaran.

  Subsidi tepat sasaran, Listrik untuk semua (pic-RN 9/3)

Pemerintah mempercepat penyediaan listrik bagi tujuh juta rumah tangga dengan menjalankan kebijakan subsidi tepat sasaran yang dimulai awal 2017

Jarman mengatakan, “Pemerintah berharap menghemat anggaran subsidi sekitar Rp22 triliun dalam setahun. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur listrik, khususnya di daerah yang belum mendapatkan layanan listrik,”

“Hingga akhir 2019, pemerintah menargetkan pembangunan infrastruktur listrik di Papua dan Papua Barat sebesar 514 MW dan pemberian penyambungan listrik secara gratis kepada 186 ribu rumah tangga melalui program listrik pedesaan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka mengatakan, kebijakan subsidi listrik tepat sasaran bagi rumah tangga daya 900 VA merupakan hasil keputusan bersama yang harus didukung dengan data akurat.

“Untuk memenuhi permintaan akan dukungan data yang akurat, pemerintah mengacu pada data terpadu program penanganan fakir miskin yang ditetapkan Menteri Sosial melalui Keputusan No 32/HUK/2016,” katanya.

Pemerintah, tambahnya, mengambil kebijakan subsidi tepat sasaran mengingat anggaran subsidi listrik yang dikeluarkan cukup besar.

Dalam Permen ESDM 29/2016 mengatur mekanisme pengaduan bagi masyarakat yang seharusnya disubsidi, namun tidak terdapat dalam data terpadu TNP2K.
Menurut Made, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan melalui kantor desa atau kelurahan setempat
“Pada 2012-2014, pemerintah mengeluarkan anggaran subsidi listrik sekitar Rp100 triliun per tahun,” ungkap Made. (9/3) -RN

Previous Ini Klarifikasi Zakir Naik terkait tuduhan mendanai ISIS
Next Indahnya Silaturahmi Jokowi - SBY

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *