Pemerintah: Putusan PN Kalteng terkait Karhutla harus di hormati


Palangkaraya, BuletinInfo – Pemerintah menghormati putusan pengadilan negeri Kalimantan tengah terkait kasus kebakaran hutan yang terjadi tahun 2015 di provinsi Kalimantan Tengah.

Pengadilan Negeri Kalimantan Tengah mengabulkan sebagian gugatan masyarakat (citizen lawsuit) terkait kasus kebakaran hutan yang terjadi tahun 2015 di provinsi tersebut. Pada putusannya, majelis hakim menolak seluruh dalil hukum yang diajukan Presiden Joko Widodo sebagai tergugat.

Pada putusan yang dibacakan ketua majelis hakim Kaswanto, Rabu (22/3), Presiden diwajibkan melakukan sejumlah gugatan masyarakat Kalimantan Tengah, antara lain mendirikan rumah sakit khusus paru, membuat ruang evakuasi khusus kebakaran hutan, dan membentuk tim gabungan penanggulangan kebakaran.

Majelis hakim juga memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar untuk meninjau dan merevisi izin pengelolaan hutan milik korporasi yang lahannya terbakar tahun 2015. Penegakan hukum perdata dan pidana terkait tindakan perusahaan tersebut juga diwajibkan majelis hakim.

Lebih dari itu, majelis hakim mendesak pemerintah segera membuka daftar perusahaan pelaku pembakaran hutan. Hakim menyatakan, pemerintah harus melaksanakan seluruh vonis itu karena gagal melindungi hak warga atas lingkungan.

Previous Pelarangan Gereja Santa Clara Merupakan Tindakan Intoleran Dan Bentuk Pengekangan Kebebasan Agama
Next Pendekatan Humanis TNI Berbuah manis, 154 Anggota OPM Kembali Ke NKRI