Pemkot Bandung Akan Gelar Aksi #BDGHantamHoax


BuletinInfo-co, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan Gelar aksi untuk melawan pemberitaan hoax. Kegiatan tersebut akan melibatkan berbagai kalangan masyarakat Bandung Jawa Barat.
Kegiatan yang mengusung tema ‘Mari Melawan Hoax dengan Akal Sehat #BDGHantamHoax’ ini akan digelar di Alun-Alun Kota Bandung, Senin (20/2/2017) mendatang.
Kegiatan #BDGHantamHoax sendiri akan menjadi pra-event dari kegiatan Internasional Conference Media World Harmony and The 5th Annual Meeting of IBRAF yang akan digelar di Kota Bandung pada 21-23 Februari 2017 mendatang.
Kegiatan ini pun sekaligus sebagai deklarasi Kota Bandung menyatakan perang melawan pemberitaan hoax dan akan melibatkan semua komponen masyarakat sebagai bagian dari aksi nyata melawan kejahatan hoax.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Yossi Irianto menuturkan, dengan pesatnya pemkembangan teknologi, masyarakat disuguhi dengan konten-konten pemberitaan di media sosial. Dan salah satu dampak buruk dari sebuah kemajuan teknologi yakni banyaknya pemberitaan palsu yang bisa memecah belah sebuah tatanan masyarakat.
Berita hoax ini sangat mudah dijumpai dalam keseharian masyarakat sekarang. Isu anti hoax pun sudah menjadi permasalahan dunia, tidak hanya di Indonesia khususnya di Kota Bandung saja.
Masyarakat kata Yossi, sudah banyak dibodohi pemberitaan palsu atau berita hoax.
“Seiring dengan terpilihnya Kota Bandung sebagai tuan rumah IBRAF ini, kita pun akan gagas kegiatan dengan tujuan melawan pemberitaan hoax yang mengusung tema Mari Melawan Hoax dengan Akal Sehat #BDGHantamHoax,” ujar Yossi saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Kamis (16/2/2017).
Berita hoax mendapat perhatian Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan harus diberantas karena merugikan semua kalangan. Untuk itu, menindak lanjuti harapan Presiden, Kota Bandung melakukan aksi nyata untuk melawan berita hoax dengan aksi #BDGHantamHoax.
“Kita sudah bekerja sama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam menyukseskan acara ini dan mengundang semua komponen masyarakat untuk menjadi bagian dari aksi ini. Andil masyarakat akan memperkuat kita semua dalam memberantas isu hoax,” terangnya.
Kegiatan #BDGHantamHoax ini rencananya akan dimulai pukul 08.30 WIB dan akan dihadiri Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Ketua KPI Yuliandri Darwis, Rektor Universitas Padjadjaran Tri Hanggono Achmad, Ketua PARFI Marcella Zalianty, unsur muspida dan pihak terkait lainnya.
Pada aksi #BDGHantamHoax ini akan terdapat beberapa rangkaian acara. Mulai dari aksi gerakan (koreografi) sebagai simbol #BDGHantamHoax, penandatanganan Giant Ballon sebagai komitmen bersama untuk memerangi hoax, hingga prosesi seremonial yang ditandai dengan menggelindingkan Giant Ballon ke arah pin bertuliskan HOAX dan diakhiri dengan selfi bersama yang dipimpin Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
(Ageng/DEN)
Previous Kakak Kelas Ungkap Ambisi Dan Kebobrokan Anies
Next Kelompok Berkedok Agamalah Yang Justru Memecah-Belah, Bukannya Ahok