Pengamat: Bukan Hanya Dibubarkan, Tapi Ideologi HTI Harus Dilarang


JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto telah membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pembubaran tersebut banyak mendapatkan dukungan. Bahkan sejumlah orang juga meminta agar HTI tidak hanya dibubarkan, tetapi juga dilarang di Indonesia.

Pengamat politik Boni Hargens mengatakan, apa yang dilakukan oleh pemerintah dirasanya masih belum cukup. Dia bahkan meminta agar pemerintah bahkan melarang HTI ada di Indonesia. Termasuk dengan ideologinya.

“Bisa saja mereka ganti nama lagi,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (9/5).

Boni menerangkan, ideologi yang dibawa oleh HTI itu sangat berbahaya. Terutama di Indonesia. Sebab HTI ingin mengubah konsep negara Indonesia yang mengusung sistem demokrasi menjadi khilafah. Bahkan menolak dasar negara Indonesia yakni Pancasila.

“Ideologi mereka itu sama seperti komunis. Makanya harus dilarang,” tegasnya.

HTI, lanjut Boni, sangat berbahaya apabila tetap dibiarkan berkembang di Indonesia. Sebab, dengan sikapnya yang seperti itu, maka dia akan mengancam kebinekaan Indonesia. Terutama apa yang telah diperjuangkan oleh pejuang dahulu.

“Intinya jangan sampai HTI masih ada di Indonesia,” ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengumumkan pembubaran organisasi massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). HTI dinilai mengganggu ketertiban masyarakat dan mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sudah jelas kita membubarkan tentu dengan langkah hukum,” ujar Wiranto.

Wiranto menambahkan, pembubaran HTI melalui proses pengajuan ke pengadilan. Ia memastikan pembubaran HTI tidak semena-mena dan harus melalui keputusan pengadilan.

“Izin harus dilakukan agar tidak mengganggu keamanan masyarakat yang mengganggu eksistensi kita sebagai bangsa yang sedang berkembang,” ujarnya.

Previous Netizen: Rizieq Shihab = Serigala Politik Berjubah Ulama #Hati-hatiHabibPalsu
Next Ketua Setara Institute: Keputusan Pembubaran HTI Tepat Dan Legal