Pengamat Militer dan Intelijen Susaningtyas Kertopati: DPR Harus Segera Jawab Surat Presiden Soal Calon Panglima TNI


Jakarta, BuletinInfo -Presiden Joko Widodo telah mengajukan nama tunggal Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI kepada DPR pada Senin (4/12). Pengamat Militer dan Intelijen, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati meminta DPR segera menjawab surat Presiden tersebut.

“Agar proses pergantian Panglima TNI dapat berjalan dengan lancar. Keputusan untuk pergantian Panglima TNI jangan dibiarkan terlalu lama karena implikasinya kepada pejabat TNI lainnya,” kata Susaningtyas , Selasa (5/12).

Menurut Nuning, proses pergantian Panglima TNI yang baru bisa segera dilakukan dan tidak perlu menunggu masa pensiun Jenderal Gatot Nurmantyo. Pergantian tersebut dinilai tidak perlu dikhawatirkan atau memancing spekulasi.

Nuning menambahkan, berdasarkan pengalaman TNI selama ini banyak Jenderal yang diganti tanpa harus menunggu masa pensiun. Ketentuan itu juga sesuai dengan amanat Undang-undang tentang TNI.

“Jadi prinsipnya, semakin cepat keputusan pergantian Panglima TNI oleh Presiden Jokowi akan semakin baik untuk organisasi TNI secara keseluruhan,” ujarnya.

Previous Presiden akhirnya usulkan Kasau jadi calon panglima TNI
Next Tak Mau Kalah Dengan Silicon Valley, Jokowi Bentuk Kawasan Sains dan Teknologi