Pengurus Pramuka Kab.Tanggerang bertanggungjawab terhadap Pramuka makan diatas tanah tanpa alas


Jakarta, BuletinInfo – Foto kegiatan Pramuka yang tengah makan bersama dengan makanan di atas tanah tanpa alas ramai diperbincangkan di media sosial. Ketua Kwartir Nasional Pramuka Adhyaksa Dault pun bereaksi keras atas foto tersebut.

Ternyata foto itu terjadi di Kabupaten Tangerang, Banten. Sekretaris Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Tangerang Dadang Sudrajat mengakui kegiatan itu memang ada. “Itu postingan kegiatan pengkaderan dan pelantikan Anggota Baru Saka Wira Kartika Koramil-13/Kronjo yg telah dilaksanakan pada 17-19 Maret 2017,” ujar Dadang dalam keterangan tertulis yang diterima BuletinInfo.com, Senin 27 Maret 2017.

Kegiatan tersebut bertempat di Buper Pantai Satuan Radar 211 TNI-AU. Adapun tentang pelaksanaan makan siang yang digelar di tanah langsung tanpa alas, menurut Dadang, semua itu hanya trik hukuman yang di berikan kepada peserta. Hal ini, kata dia, dilakukan, karena pelanggaran disiplin jam Ishoma(Istirahat, Sholat dan Makan) yang tidak sesuai jadwal.” Ini dilakukan oleh panitia/Sangga Kerja untuk tindakan setelah minta petunjuk dari Pamong Saka yang bertanggung jawab di lapangan,”kata Dadang.

Semua itu, menurut Dadang, hanya dilakukan sebagai trik untuk tidak lagi melakukan kesalahan. “Untuk makan peserta tetap makan seperti biasa bersama-sama, dengan menu yang lain, nasi yang di lapangan hanyalah sebagian kecil saja, dan tidak semua makan kecuali yang sudah disiapkan temannya yang lain di tenda,” Dadang menjelaskan.

Dadang memastikan pengurus Pramuka Kabupaten Tangerang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut dan meminta maaf kepada semua unsur Pendidikan Kepramukaan dari atas hingga ke tingkat Kwarnas, yang melihat postingan foto tersebut. “Tidak ada maksud merendahkan nilai-nilai kepramukaan yang jelas melarang apa yang terlihat dalam postingan gambar, kami tahu dan kami mohon maaf atas semua yang terjadi di lapangan, yang jelas peserta tidak makan nasi yang kotor, semua sudah di atur sesuai jadwal.”

Sulaiman, Pamong Saka Wira Kartika Kwartir Ranting Kecamatan Kronjo, Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang juga menyampaikan permintaan maaf atas insiden tersebut. “Mohon maaf kepada Kak Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan seluruh anggota Pramuka atas kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan proses pembinaan anggota Saka Wira Kartika tanggal 17-19 Maret 2017. Kami tidak akan mengulanginya kembali, terima kasih, salam Pramuka.”

Previous Kapal Perang Karya Anak Bangsa Indonesia diminati Filipina
Next Masyarakat Indonesia jangan sampai meninggalkan Ideologi Pancasila #PancasilaIdeologiBangsa