Pengusaha Eropa Nilai Indeks Kepercayaan Bisnis Indonesia


Jakarta – Indeks kepercayaan bisnis terhadap Indonesia dalam acara 5th Joint European Chamber’s Business Confidence Index 2016 (BCI) menurut paparan pengusaha Eropa.

Indeks kepercayaan bisnis ini melibatkan 70 pengusaha Eropa yang berdomisili di Indonesia.

Menurut Chairman of BrithCham, Vice Chairman of EuroCham, Adrian Short ada beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan tersebut, pertama, indeks kepercayaan terhadap Indonesia tinggi di sektor infrastruktur dan akan menarik investor asing di sektor lainnya.

Kedua, kendati indeks kepercayaan bisnis relatif stabil, namun ada keyakinan pemerintah bisa mendorong peningkatan investasi langsung atau foreign direct investment (FDI). Hal ini cerminan perbaikan dari segi regulasi.

Ketiga, lebih dari sepertiga perusahaan asing di Indonesia akan meningkatkan investasi secara signifikan dalam 2 tahun ke depan dan kemungkinan dilakukan di luar Jakarta.

Akan tetapi, Adrian tetap mengingatkan bahwa meskipun sentimen cenderung positif ada beberapa hal yang perlu diwaspadai.

“Hal yang perlu diwaspadai adalah paket kebijakan ekonomi yang belum cukup memberikan dampak positif kepada para pengusaha yang sudah investasi di Indonesia. Dan hal ini menumbuhkan kekhawatiran terkait dengan stabilitas sosial dan politik,” kata dia Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Selain itu, dia juga menambahkan kondisi global saat diliputi ketidakpastian. Akan tetapi, dia bilang Indonesia bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan daya saing.

“Tapi, dalam ketidakpastian global, kita dapat memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan daya saing Indonesia sebagai tujuan investasi,” ujar dia.

Previous Kompas.com menjadi korban Hoax terkait Foto Pramugari Inggris yang diklaim sebagai Putri Saudi
Next Trans Papua Dan Pembangunan Infrastruktur Adalah Prioritas Pemerintah

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *