Perekonomian Dan Industri Nasional Menguat Setelah Pilkada DKI Terselenggara Dengan Damai


Jakarta – Pemilihan Kepala Daerah, atau Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, telah selesai diselenggarakan dengan damai dan kondusif, berdampak positif bagi sektor industri.

Hal itu diungkapkan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, Pilkada DKI kali ini hasilnya menunjukkan bahwa demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik, sehingga, pesta demokrasi di ibu kota berdampak positif bagi sektor industri.

“Ini memberikan sinyal positif bahwa di Indonesia proses demokrasi berjalan secara baik dan transparan. Kedua pasangan sudah saling berkomunikasi, dan sudah ada penerimaan hasil quick count. Jadi, untuk lingkungan industri positif,” kata Airlangga di sela acara Indonesia Economics Summit, di Shang-Ri La Hotel, Jakarta, Kamis (20/4).

Bahkan, menurutnya, selama proses kampanye hingga pemilu, investasi dan proses industri tetap berjalan seperti biasa dan tidak ada gangguan.

Meskipun demikian, dia berpesan pemimpin DKI Jakarta ke depan mesti pro bisnis dengan tetap mendukung pertumbuhan industri.

“Background dari Sandi, misalnya pebisnis. Anies sebelumnya juga (pebisnis) yang potensinya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi. Jadi, kalau di Jakarta menjadi headquarter (kantor pusat) dan services (pelayanan),” ujar dia.

Selain itu, dia berharap agar pemimpin Jakarta dapat terus meningkatkan pelayanan, baik bagi masyarakat DKI Jakarta maupun kalangan industri.

“Kalau industri estate (hunian) kan, sudah pindah semua dari Jakarta. Tentu, servisnya saja yang dimajukan,” ujarnya.

Pilkada yang berjalan damai dan kondusif juga membuat perekonomian domestik Indonesia menguat

Hal itu dikatakan oleh Head of Strategy & Research Bahana Sekuritas Harry Su bahwa hasil tersebut akan berdampak positif bagi perekonomian nasional.

“Seharusnya hasil ini bisa menguatkan ekonomi domestik menjadi lebih terbuka, terutama Jakarta berkontribusi 20% dari PDB Indonesia,” tambahnya.

Dia yakin kondisi perekonomian yang kembali membaik akan membuat para pelaku pasar bisa bernafas lega.

Previous Penyebaran paham radikal terorisme dikalangan harus butuh perhatian serius
Next Kapolri pastikan polisi selalu siaga untuk menjaga kondusifitas pasca Pilkada DKI